Resep Sukses Bekerja di Korea

M Aji Surya pada peluncuran buku '99 Kiat Sukses Bekerja di Korea', di Jakarta, 20 Maret 2017. (GATRAnews/Erry)Jakarta, GATRAnews - “Jika mereka rajin lembur di hari libur, maka angka Rp 25-30 juta per bulan bukan mustahil bisa mereka kantongi,” tutur M. Aji Surya yang mendapat aplaus dari hadirin bedah buku “99 Kiat Sukses  Bekerja di Korea” yg berlangsung di KITCC(Korea Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center), Ciracas, Jakarta Timur, pagi ini. 

 

M. Aji Surya, bersama Suray Agung Nugroho, mahasiswa S-3 di Seoul, dan Wawan Budiarto, seorang TKI yang bekerja di Korea Selatan, pagi ini meluncurkan buku yang mereka tulis bertiga. M. AJI surya sendiri, sudah setahun terakhir ini bertugas sebagai Koordinator Fungsi Konsuler di KBRI Seoul. 

 

Menurut AJI Surya, jumlah TKI di seluruh Korea Selatan saat ini mencapai 36 juta orang. Rata-rata kontrak kerja di Korea Selatan umumnya  tahun 10 bulan. “Jika mereka mau hemat,  setelah kontraknya habis, mereka bisa bawa uang Rp 800 juta ke tanah air,” jelas Aji Surya kepada Gatra.

 

“Sayangnya, kita belum pernah mendengar TKI pulang bawa uang sebesar itu,” tuturnya. Selama ini, rata-rata para TKI dari Korea Selatan pulang hanya membawa Rp 200 juta saja. Baru ada satu orang yang pulang bawa uang Rp 500 juta.

 

Mengapa bisa terjadi? “Culture shock,” kata  Aji Surya. Dengan pendapatan yang besar di negeri orang, mereka tergoda gaya hidup bermewah-mewah, hp keluaran terbaru dibeli, laptop canggih dibeli, dan tustel bak fotografer sepakbola dunia dimiliki. Mereka juga jamak menghabiskan waktu senggangnya di karaoke-karaoke yang tentu saja menguras isi dompet. 

 

Karena itu, para penulis berharap, agar para TKI bisa menabung dan jika kembali ke Indonesia bisa menjadi pengusaha. Lewat buku saku yang diterbitkan oleh GATRA Pustaka ini, banyak inspirasi dan tips sukses bekerja di Korea Selatan.


Editor: Herry Mohammad

Share this article