GATRANEWS

Wayang Goes to Campus

Pagelaran Wayang Goes to Campus (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)Jakarta, GATRAnews - Seni wayang sebenarnya merupakan media komunikasi yang mampu memberikan pembelajaran dan pembentukan karakter. Menyadari hal itu, Komunitas Wayang UI, Iluni UI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Institut Seni Indonesia Surakarta menyelenggarakan acara 'Wayang Goes to Campus', pada 4-5 April 2013 di Balairung Universitas Indonesia, Depok.

"Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga akan diundang menghadiri acara tahunan ini," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Dra. Farida Haryoko, M.Psi. Menurut Farida, acara yang mengangkat tema “Bersihkan Hati untuk Kejayaan UI”, ini akan diisi oleh rangkaian kegiatan sarasehan di hari pertama, kemudian ruwatan dan tanggap wayang di hari kedua.

Pada hari kamis 4 April, akan hadir para pembicara seperti Gubernur Lemhanas Prof. Dr. Budi Susilo Soepandji, Ketua Umum Komunitas Wayang Universitas Indonesia Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono, Ketua Dewan Kebijakan Senawangi Drs. Solichin, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., dan Sekretaris Direktorat Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Presiden Direktur Jababeka Setyono Djuandi. "Para pembicara akan membahas mengenai waang dan ketahanan budaya bangsa.

Sementara itu di hari kedua akan digelar pertunjukan Wayang Tavip, Wayang Kulit Minang, dan Apresiasi Teater Sesaji Raja Surya. Dilanjutkan dengan Ruwatan bareng di danau UI dan Pagelaran Wayang 'Gatotkaca Lair' dengan Dalang Ki Probo Asmoro, S.Kar., M.Hum. Acara pendukung lain seperti bazaar, demo, pameran, flash mob, dan tari daerah juga turut digelar. (*/Ven)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?