GATRANEWS

Seabad Maestro Lukis S. Soedjojono

Jakarta, GATRAnews - S.Sudjojono Center merayakan ulang tahun ke-100 dari pelukis, seniman, kritikus, dan penulis S. Soedjojono sepanjang tahun 2013. "Seabad S Sudjojono" adalah bentuk penghormatan atas peran, kontribusi dan pengaruh Soedjojono terhadap dunia seni rupa Indonesia.

 

Menurut kurator Seabad S.Sudjojono, Santy Saptari, lukisan Pertempuran Sultan Agung dan Jan Pieterzoon Coen dalam perang Mataram adalah karya agung dari sang maestro yang bersejarah. "Kami ingin meminta perhatian dan apresiasi masyarakat agar aset bangsa ini tetap terawat," ujar Santi dalam jumpa pers di Museum Nasional Indonesia, Jakarta selasa (9/5).

 

Karya lukisan berukuran raksasa 3 x 10 meter ini merupakan warisan seni lukis anak bangsa sekaligus menceriterakan sejarah perjuangan bangsa, yang dibuat dengan riset, interpretasi dan detil yang mengagumkan. Sayangnya lukisan Pertempuran Sultan Ayung dan JP Coen tersebut kini dalam kondisi yang mengkhawatirkan meski tahun 2008 pernah mengalami proses restorasi.

 

Puncak acara Seabad S.Sudjojono akan diisi dengan pameran seni, kehidupan, dan warisan Sudjojono selama satu bulan yaitu pada 13 Desember 2013 hingga 12 Januari 2014 di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Pada pembukaan pameran tanggal 12 Desember 2013, Pasca Sarjana IKJ akan mempersembahkan pementasan teater.

 

Rangkaian acara diantaranya adalah pameran seni rupa di Museum Topeng dan Wayang Ubud, Bali pada 4-15 Oktober 2013 (bekerja sama dengan Museum Topeng &Wayang dengan One East Asia, Singapura). Pameran Utama & Pertunjukkan Seni oleh Pasca Sarjana IKJ dan rangkaian program publik serta edukasi di Museum Nasional, Jakarta pada 12 Desember 2013- 12 Januari 2014. JUGA pameran dan konferensi di Nanyang Technological University, Singapura Fakultas Art, Design, dan Media pada 16 Januari 2013 hingga 1 Maret 2014.

 

Beberapa program pendukung pameran yang akan digelar bulan Desember 2013 dan Januari 2014 adalah pameran, diskusi tentang lukisan Sultan Agung dan proses konservasinya bersama konservator Lawrence Chin dan Pim Westerkamp dari Tropenmuseum, malam keakraban sosok S.Sudjojono, Seri program Anak (mewarnai, bercerita, teka-teki, berburu harta karun), Seri Program Remaja (kompetisi essay atau puisi), serta program sosial dan pertunjukkan IKJ. (*/Ven)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?