20 Tahun, 10 Juta Unit Model Hybrid Toyota Diserap Dunia

GATRA - Saturday, 18 February 2017 00:50
Tonggak sejarah terukir, produk hybrid Toyota telah terjual lebih dari 10 juta unit di dunia. (GATRAnews/Dok. Toyota)

Jepang, GATRAnews - Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan pencapaian penjualan lebih dari 10 juta unit untuk seluruh kendaraan hibridnya di seluruh dunia. Total tercatat 10,05 juta unit telah terjual di akhir Januari lalu, sejak Coaster Hybrid EV dan Prius generasi pertama diluncurkan ke dunia pada bulan Agustus dan Oktober 1997. Dengan hasil ini dapat dikatakan bahwa teknologi Toyota Hybrid System (THS) sangat positif diterima publik dunia.



Sejatinya, tonggak sejarah tersebut diraih dalam kurun waktu sembilan bulan pasca pabrikan mobil asal Jepang menorehkan angka 9 juta unit pada akhir April tahun lalu. Jepang menjadi negara penyerap terbesar dengan jumlah 4,85 juta unit lebih, disusul oleh Amerika Utara dengan 3,19 juta, kawasan Eropa 1,33 juta unit dan negara-negara lain yang mencapai 669 ribu unit lebih.

Dari sederet produk yang digelontorkan, Prius menjadi model terlaris dengan penjualan kumulatif 3,98 juta unit lebih. Disusul oleh Prius C (1,38 juta unit), Prius V (671.200 unit) dan Camry Hybrid sebanyak 614.700 unit.

Takeshi Uchiyamada, Chairman of the Board of Directors di Toyota mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua konsumen yang telah membantu tercapainya 10 juta unit lebih penjualan kendaraan hibrid Toyota di seluruh dunia. Uchiyamada-san berkomitmen untuk berjalan bersama dengan konsumen dalam mengatasi masalah lingkungan global.

"Saat kami meluncurkan Prius, tak satupun mengerti apa itu hibrida. Namun, berkat pengadopsian awal itu, kini teknologi tersebut mampu melesat di tengah perkembangan teknologi-teknologi yang ada," ujar pria yang terkenal dengan 'father of the Prius' ini.

Sebagai kendaraan altenatif dari mobil-mobil bermesin konvensional, TMC memperkirakan telah berhasil mengurangi emisi CO2 hingga 77 juta ton, sekaligus mencatatkan keiritan penggunaan bahan bakar mencapai 7,66 juta galon.

TMC juga berencana meluncurkan produk hybrid terbaru yaitu Lexus LS 500h model 2018, sedan mewah full-size yang akan mendebut di Geneva Motor Show 2017, bulan Maret mendatang.


Editor: Toha