Home Ekonomi Jokowi: Pembangunan KEK Mandalika dan Persiapan MotoGP On The Track

Jokowi: Pembangunan KEK Mandalika dan Persiapan MotoGP On The Track

Lombok, Gatra.com - Presiden Jokowi meninjau perkembangan pembangunan kawasan Mandalika. Kawasan tersebut ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014.

"Saya ingin melihat perkembangan dari Mandalika. Pak Dirut (ITDC) menyampaikan hotelnya sudah ada tujuh yang sewa dan tiga yang dibangun. Intinya sebuah perkembangan yang sangat bagus," ujar Presiden saat berada di Pantai Kuta Mandalika, Lombok, Jumat (17/5).

Jokowi ingin memastikan pembangunan sejumlah fasilitas dasar yang layak bagi sebuah kawasan pariwisata berjalan sebagaimana mestinya. Seperti toilet, penyediaan air bersih, termasuk ketersediaan listrik dan pengolahan limbah.

Selain itu, Presiden ingin memastikan bahwa Mandalika siap untuk menggelar perhelatan MotoGP 2021. Untuk itu, segala persiapan bagi pembangunan fasilitas dan infrastruktur pendukung ajang olahraga balap tersebut dapat segera diselesaikan.

"Kita juga ingin fasilitas yang berkaitan dengan Moto GP 2021 itu juga segera dikerjakan. Airport sudah, jalan sudah penetapan lokasi sehingga kita harapkan konstruksi paling lambat itu di Januari 2020," ucapnya.

Pembangunan KEK Mandalika dan penyelenggaraan MotoGP ini merupakan upaya untuk menggerakkan perekonomian wilayah sekitar. Nantinya, peningkatan perekonomian di wilayah Lombok juga diharapkan akan meningkatkan perekonomian nasional.

"Kita mengharapkan ini nanti ada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional nanti bisa memberikan support juga pada pertumbuhan ekonomi nasional," tuturnya.

Turut hadir mendamping Presiden, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

 

510