Home Politik Salat Tarawih di Kompleks Grahadi, Gubernur Khofifah Ditangisi Jamaah

Salat Tarawih di Kompleks Grahadi, Gubernur Khofifah Ditangisi Jamaah

Surabaya, Gatra.com - Belum 99 hari memimpin Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah menorehkan sejumlah prestasi tingkat nasional.  Diantaranya Penghargaan Pembangunan Daerah 2019 yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu.

Terbaru, Jawa Timur dinobatkan sebagai Provinsi terbaik penanggulangan konflik sosial oleh Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Kemenkopolhukam). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto, di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Selain melakukan pembangunan fisik, Khofifah juga tak lupa membangun karakter dan mental. Hal itu dibuktikan dengan gebrakan pada tahun pertama kepemimpinannya. Salah satunya adalah menjadikan Mushalla An Nur di komplek Gedung Negara Grahadi sebagai tempat salat tarawih berjamaah.

Tak heran,  ada pemandangan lain di Gedung Negara Grahadi selama malam bulan Ramadhan tahun ini. Gedung Grahadi tampak ramai orang. Mereka adalah jamaah salat tarawih di mushala An Nur.

Koordinator salat tarawih Mushala An Nur, Lia Istifhama, menjelaskan jamaah salat tarawih bergantian orang setiap malam. Ada ASN, relawan, jamaah Muslimat NU, Fatayat dan masyarakat umum. Semua dijadwal karena menyesuaikan kuota karena menyesuaikan kapasitas musholla.

"Jamaah selalu di atas 80 orang. Bahkan pernah hampir 100 orang. Jadi sangat full. Makanya kita buat jadwal secara bergilir," kata Lia Istifhama kepda gatra.com

Ada cerita menarik seputar salat tarawih di mushala An Nur. Tatkala Khofifah menyempatkan salat tarawih bersama warga dan ASN di lingkungan Pemprov. Erna, salah satu jamaah, sampai menangis dalam pelukan Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur tersebut.

"Saya seneng banget, bu. Punya gubernur peduli kami. Berjiwa sosial tinggi dan mau memberi kesempatan kami untuk berjamaah, terimakasih bu," ujarnya yang disambut dengan senyuman hangat sang Gubernur.

Banyaknya jumlah jamaah menunjukkan tingginya antusiasme jamaah yang mayoritas aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim untuk beribadah. Terutama di bulan Ramadhan ini.

"Saya senang tarawih di sini, Nyaman sekali beribadah di mushola ini. Apalagi sampai bisa berjamaah dengan ibu gubernur," ujar Erna, ASN di RSUD dr. Soetomo itu terharu.

Reporter: Abdul Hady JM

Editor: Bernadetta Febriana