GATRANEWS

Sofjan Wanandi: Pengusaha Susah Karena Jokowi

Jakarta, GATRAnews - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesisa (Apindo) Sofyan Wanandi berkeluh kesah terkait maraknya demonstrasi buruh belakangan ini. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), ia tuding sebagai salah satu 'biang kerok' aksi buruh dengan kebijakannya menaikan Upah Minimun Provinsi (UMP) beberapa waktu lalu. "Baru satu tahun ini saja, pengusaha hadapi serikat buruh dengan tuntutan macam-macam, sangat banyak yang mereka tuntut pada kita," ungkapnya dalam sambutan Musyarawah Nasional (Munas) Apindo IX, Senin (8/4) di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan.

 

Pria kelahiran Sawahlunto ini menilai kenaikan UMP harusnya ditentukan oleh pekerja, pengusaha dan manajemen. Tetapi aturan yang ada sekarang, pemerintah daerah (Pemda) sangat berkuasa menentukan upah, bahkan tanpa melibatkan para pengusaha. "Hanya saja kalau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kepala kita pusing. Para calon janjikan banyak pada buruh. Bisa juga karena Jokowi (Gubernur DKI) jadi susah kita," lanjutnya disambut gelak tawa peserta Munas. Sofjan juga mengkhawatirkan kenaikan upah yang saat ini terjadi hanya untuk kepentigan politik semata, terlebih dalam sistem pemilihan kepala daerah secara langsung. Terbukti dengan banyaknya Pemda yang menaikan upah buruh tanpa melibatkan pelaku usaha, hanya menitikberatkan pada buruh.

 

Mendengar keluhan itu, Gubernur DKI Jokowi hanya melempar senyum saat Sofjan berpidato. Mantan Wali Kota Surakarta duduk paling depan, sebelah kirim Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengenakan kemeja batik lengan panjang. Munas Apindo ke-IX digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 8 - 9 April 2013 dengan peserta lebih dari 1000 orang dari seluruh Indonesia. Pembukaan Munas dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Kapolri Jendral Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan sejumlah Menteri KIB II. (*/Zak)

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?