GATRANEWS

KPP-PA Gelar Kompetisi Wirausahawan Perempuan

Jakarta, GATRAnews - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) menggelar Indonesia Womenpreneur Competition (IWC) alias kompetisi perempuan wirausahawan, yang ditujukan bagi perempuan Indonesia yang mandiri dan kreatif, serta berkemauan kuat untuk memberikan manfaat bagi lingkungannya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Kompetisi tingkat nasional yang merupakan wadah bagi para pengusaha perempuan, baik yang telah memiliki usaha, maupun yang baru akan memulainya, didukung KPP-PA dengan menggandeng perusahaan telekomunikasi Indosat, sebagaimana disiarkan dalam press release yang diterima GATRAnews, Kamis (11/4), di Jakarta.

IWC ini dihadiri dan diresmikan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP&PA), Linda Amalia Sari Gumelar dan Director & Chief Commercial Officer Indosat, Erik Meijer, serta Publishing Director FIMELA Network, Dian M. Muljadi.

Ajang ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam menyambut konferensi internasional APEC Women and the Economy Forum (APEC WEF) yang akan diselenggarakan pada 6-8 September 2013 mendatang di Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Pada ajang internasional ini, Indonesia mengangkat tema “Women as Economic Drivers” (Perempuan sebagai Penggerak Ekonomi) dengan tiga sub-tema yang terdiri dari Reformasi structural, Perempuan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Infrastruktur dan Human Capital.

“Saya menyambut baik kepedulian Indosat untuk menyelenggarakan sebuah kompetisi yang dapat memacu pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi dan diselaraskan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan ini menjadi sangat strategis mengingat pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi salah satu sub tema yang di angkat oleh Indonesia pada konferensi Internasional APEC Women and The Economy Forum," kata Meneg PP&PA Linda Amalia.

Menurutnya, kompetisi ini merupakan perwujudan optimisme bangsa Indonesia dalam menunjukkan bahwa kaum perempuan bangsa ini juga mampu dan dapat bersaing dengan baik di ranah internasional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu, paparnya, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi bisa diibaratkan “pintu gerbang” yang mampu membuka ribuan peluang bagi kaum perempuan untuk terjun ke dunia publik. Ketika perempuan mampu mendapatkan akses tersebut maka kaum perempuan pun mampu membawa pengaruh yang luar biasa besar bagi bangsa ini dan terlepas dari bayang-bayang ketidakadilan gender.

“Indosat mendukung penuh program pemberdayaan dan peningkatan peran perempuan Indonesia. Melalui Indonesia Womenpreneur Competition, kami mengundang para perempuan Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam membangun ekonomi negeri ini melalui kegiatan wirausaha dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung aktifitas usaha mereka," kata tutur Erik Meijer.

Selanjutnya, suami dari aktris Maudy Koesnadi itu mengatakan, dukungan Indosat dalam kompetisi ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen kami terhadap program GSMA Women yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan gender dengan memberdayakan perempuan melalui pemanfaatan teknologi seluler.

"Kami yakin perempuan-perempuan Indonesia memiliki peranan penting dan potensi luar biasa dalam kehidupan keluarga, pengendali dunia wirausaha sekaligus tenaga kerja yang mandiri dan kreatif terutama dengan memanfaatkan teknologi komunikasi," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Dian M. Muljadi, menambahkan, dengan semakin tingginya gaya hidup digital communication, melalui internet, online media, social media, jarak antar-manusia sudah menjadi one click away.

"Beruntung sekali kita, perempuan yang hidup di era ini, yang semakin cepat dan mudah untuk menjadi pintar dan kreatif, karena faktor perolehan informasi yang cepat dan mudah tadi. Untuk menjadi womenpreneur berhasil pun menjadi lebih terbuka jalan dan kesempatannya. Maka melalui ajang IWC ini, kami berharap dapat lebih memotivasi dan mendorong para perempuan kreatif serta tangguh Indonesia, untuk menyumbangkan ide, pemikiran, dan karya, untuk semakin memperkaya varian kewirausahaan yang dapat disumbangkan untuk bangsa kita," tuturnya.

Pendaftaran Indonesia Womenpreneur Competition dibuka mulai 10 April–10 Juni 2013. Kompetisi ini dapat diikuti perempuan Indonesia berusia 25-45 tahun, mereka yang belum, akan, maupun sudah berwirausaha, memiliki motivasi untuk sukses berwirausaha, berani unjuk diri, mandiri dan kreatif.

Para peserta kompetisi ini memiliki kesempatan memenangkan hadiah puluhan juta rupiah, trofi, sertifikat, mengikuti  workshop pengembangan bisnis bersama para pakar dan menghadiri konferensi internasional APEC Women and the Economy Forum (APEC – WEF) di Bali pada bulan September 2013 mendatang. Untuk berpartisipasi dalam ajang ini peserta dapat mendownload formulirnya di www.fimela.com/iwc, mengisi data diri lengkap dan mengirimkannya ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

Selain ajang Indonesia Womenpreneur Competition, komitmen Indosat mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia juga telah diwujudkan melalui layanan Info Wanita dan Usaha Wanita yang bekerjasama dengan Nokia, Mercy Corps, Cherie Blaire Foundation yang juga didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Koperasi dan UKM serta Ooredoo Q.S.C sebagai bagian dari GSMA mWomen initiative. Dengan layanan Info Wanita dan Usaha Wanita, perempuan Indonesia dapat mengakses berbagai informasi seputar bisnis dan keuangan, Kesehatan , Keluarga/Anak, Manajemen keuangan, komunikasi hingga ketrampilan dan pengembangan SDM. (TMA)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?