GATRANEWS

Dahlan: Bank Swasta Jangan Kalah Sama Bank BUMN

Dahlan Iskan (ANTARA/Reno Esnir)Jakarta, GATRAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan "meminta" bank-bank swasta yang ada di Indonesia untuk mampu bersaing dengan Bank milik negara. Pasalnya, menurut Dahlan, saat ini faktanya industri perbankan nasional lebih dikuasai bank BUMN. Padahal lanjut Dahlan, industri perbankan di Indonesia tidak boleh secara utuh dipegang bank BUMN.

"Saya melihat bank BUMN cenderung ingin menguasai hulu-hilir di industri perbankan, saya tidak ingin melarang bank BUMN tersebut, tapi apakah ini akan baik untuk pertumbuhan ekonomi kita," ujar Dahlan Iskan saat dijumpai wartawan di "Mandiri Chief Financial Officer (CFO) Forum", di Jakarta, Senin (22/4).

Menurut Dahlan, forum CFO ini merupakan pertemuan dari berbagai sektor industri untuk meningkatkan daya saing melalui investasi dan inovasi. "Ada satu logika kalau bank BUMN terlalu maju itu tidak baik. Forum ini kan bertujuan untuk meningkatkan daya saing antara BUMN dan swasta," tegas Dahlan.

"BUMN dan swasta jika bersaing, belum tentu salah satu mati, bisa dua-duanya menang malah yang mati bisa C atau D. Swasta dan BUMN kuat, yang kalah mungkin bisa pihak lain (perusahaan asing)," sambung mantan direktur utama PLN ini.

Lebih lanjut kata Dahlan, saat ini memang Indonesia sudah terlanjur memiliki BUMN, jika dibonsaikan juga tidak betul. Sedangkan untuk pihak swasta jika diproteksi dari BUMN menurutnya juga tidak benar. "Karena ini bisnis, ini adalah kemandirian bukan dimanjakan. Kita perlu punya desain peranan BUMN, Swasta, UKM dan sekor informal," pungkasnya. (*/DKu)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?