GATRANEWS

Underpass Cibubur Kelar pada Juli 2013

Jakarta, GATRAnews - Pembangunan jalur underpass (terowongan) di Jalan Trans Yogie, Cibubur, Jakarta Timur, akan selesai pada Juli 2013. Pembangunan tersebut merupakan upaya mengurangi kemacetan lalu lintas di jalur tersebut pada jam sibuk pagi dan sore hari.

Diharapkan, adanya Underpass Cibubur tersebut akan mengalihkan arus lalu lintas dari Jalan Trans Yogie menuju Jakarta tanpa melintas di Cibubur Junction.

“Nantinya akan mengurangi sekitar 20 persen arus lalu-lintas setelah selesai dan difungsikan Underpass Cibubur Agustus 2013,” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, sebagaimana dituliskan di situs Kementerian Pekerjaan Umum, Senin (22/4).

Sementara itu, Dirjen Bina Marga Djoko Moerjanto menyatakan, kawasan permukiman dan perkantoran di wilayah Jalan Trans Yogie (Alternatif Cibubur) tumbuh sangat pesat menjadi pusat bangkitan lalu lintas yang sangat besar, Dengan demikian menurutnya, perlu diimbangi dengan peningkatan infrastruktur jalan maupun Jembatan di wilayah tersebut.

Lebih lanjut Djoko mengatakan, underpass Cibubur ini menjadi bagian dari Sistem Jaringan Jalan Nasional yang sedang diprogramkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum, bersama dengan Jalan Cimanggis Nagrak, Jalan Trans Yogie dan Jalan Tol JORR II.

Pembangunan Underpass Cibubur ini menggunakan Metode Jacking Box yang merupakan salah satu teknologi yang baru diterapkan di Indonesia. Box underpass didorong dengan menggunakan 8 Push Jack dengan kapasitas 1.000 ton/jack, box yang didorong 10 buah dengan cara bertahap. Ukuran setiap segmen box  : panjang 9,3 meter, lebar 9,7 meter, tinggi 7,4 meter, tebal dinding dan top box 60 cm dan tebal bottom box 80 cm, berat segmen 449,83 ton, mutu beton K-500. Sistem drainase dengan enam pompa submersible dengan dua buah bak penampungan.

Djoko menyebut, panjang konstruksi pembangunan underpass Cibubur yakni Akses Masuk sepanjang 221,22 m ,Box sepanjang 93,00 m, Box Extension sepanjang 24,10 m, Portal sepanjang 75,68 m, Akses Keluar sepanjang 785,66 m.

“Total panjang Pembangunan Underpass Cibubur kurang lebih 1200 meter yang didanai berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) murni dan dilaksanakan melalui tiga tahap dengan total Rp 97,5 miliar," ungkap Djoko. (*/DKu)

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?