GATRANEWS

HKTI: Petani Masih Terkendala Masalah Klasik

Jakarta, GATRAnews - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), yang menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-2 di Pekanbaru, Riau, Jumat (26/4), menyatakan bahwa petani Indonesia masih dibayangi masalah klasik, seperti masalah pupuk. 

"Bagi HKTI, masalah-masalah pertanian adalah masalah klasik, itu-itu juga, seperti masalah pupuk, benih, akses modal, irigasi, dan lahan," ujar Sekretaris Jenderal DPN HKTI Fadli Zon, dalam pesan singkatnya, yang diterima GATRAnews, Jumat.

Ironisnya, kata Fadli, masalah ini tak pernah selesai. Penambahan anggaran pertanian tak berbanding lurus dengan produksi, sehingga Indonesia makin tergantung pada impor.

"HKTI sebagai civil society berperan mengatasi hambatan masalah-masalah tersebut. Juga memberi masukan dalam pemberdayaan dan perlindungan petani," ungkapnya.

Fakta saat ini, petani belum sejahtera, karena anggaran pertanian hanya di bawah 5 persen. Ditambah lagi negeri ini tidak mempunyai National Food Policy, sehingga situasi inilah yang semakin memperburuk kehidupan petani Indonesia.

Untuk itu, dalam waktu dekat HKTI fokus mengawal RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, khususnya menekankan pentingnya dibentuk Bank Pertanian dan asuransi pertanian. Menurut HKTI, RUU ini merupakan wujud keberpihakan nyata pemerintah terhadap petani.

Sedangkan mengenai Rekernas ke-2 di Riau yang merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-40 HKTI, beber Fadli, difokuskan pada pembahasan 3 hal dari hasil Musyawarah Nasional (Munas) di Bali.

"Ada tiga hal yang kami tekankan di Rakernas kali ini, yakni konsolidasi, peningkatan kapasitas petani, dan advokasi kebijakan petani," papar Fadli.

Selain itu, imbuh dia, Rakernas juga mengevaluasi program kerja HKTI yang sudah dilaksanakan selama periode 2010 hingga saat ini.

Rakernas dan HUT HKTI tersebut akan ditutup pada tanggal 27 April. Sedangkan untuk acara puncaknya, akan digelar Jambore Petani Nasional yang akan dihadiri Ketua Umum DPN HKTI, Prabowo Subianto. (IS)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?