Gatranews - Wamendag: Solar Langka? Pakai Bahan Bakar Nabati
Jumat, 26 April 2013 19:29

Wamendag: Solar Langka? Pakai Bahan Bakar Nabati

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jakarta, GATRAnews - Kelangkaan solar yang terjadi di sejumlah dari daerah dinilai oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi sebagai peluang pasar bagi bahan bakar nabati (BBN) berbahan crude palm oil (CPO/minyak sawit mentah).

"Kisruh solar, pakailah (minyak) olahan dari CPO. Saya tegaskan kembali, dari sudut Kementerian Perdagangan, ini sebuah opportunity," ucap Bayu kepada wartawan di Kantornya, Jakarta, Jumat (26/4).

 

Dia menambahkan, BBN dari CPO memiliki perbandingan yang setara dengan solar. Satu liter solar sama dengan satu liter BBN dari CPO. "Olahannya ini basicly one on one dengan solar," imbuhnya. Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga mengungkapkan bahwa BBN berbahan baku CPO cocok untuk mesin-mesin non transportasi. "Terutama untuk mesin bukan transportasi, ini sangat menolong," Bayu melanjutkan.

 

Karena itu, pihaknya mendorong industri-industri untuk mulai menggunakan BBN dari CPO. Selain mengurangi ketergantungan terhadap solar, penggunaan BBN dari CPO juga akan meningkatkan permintaan CPO di dalam negeri sehingga dapat menutupi penurunan ekspor CPO. (*/MA)

 

 

Read 546 times Last modified on Jumat, 26 April 2013 19:29