GATRANEWS

Kemendag Promosikan Produk UKM Unggulan Nusantara

Jakarta, GATRAnews - Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan kembali menggelar Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional (PPDNR). Pameran ini merupakan ajang promosi produk usaha kecil menengah (UKM) pangan nusantara, sekaligus memperkenalkan potensi kuliner unggulan dalam negeri yang berkualitas dan berdaya saing.

Menurut situs Kemendag, Jumat (5/3), pada tahun ini, penyelenggaraan Pameran Pangan Nusa memasuki tahun ke-8, sedangkan Pameran Produk Dalam Negeri Regional merupakan digelar untuk ke-2 kalinya. Rencananya, PPN dan PPDNR akan diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia, dan akan dimulai di Pontianak-Kalimantan Barat (Lapangan A Yani Mega Mall) pada 10-13 Mei 2013.

Kedua pameran tersebut akan diselenggarakan di Palembang-Sumatera Selatan (Kawasan Benteng Kuto Besak) pada 14-17 Juni 2013; Cirebon-Jawa Barat (Alun-Alun Kejaksan), 29 Juni - 2 Juli 2013; serta Mataram-Nusa Tengara Barat (Lapangan Sangkareang), 29 Agustus - 1 September 2013. Dan sebagai acara puncak penyelenggaraan PPDNR, akan diselenggarakan Pameran Produk Dalam Negeri Nasional di Kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, pada 3-6 Oktober 2013 yang akan menampilkan produk-produk potensial dari 33 provinsi. Target kedua pameran ini dapat dikunjungi oleh lebih dari 60.000 pengunjung per kota.

Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional ini digelar untuk memberikan akses pasar dan mempromosikan produk UKM unggulan dalam menghasilkan produk berkualitas, membangun merek sendiri, serta meningkatkan jejaring pemasaran antar peserta sehingga mampu bersaing di pasar dalam negeri secara regional maupun global.

PPN dan PPDNR juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia di daerah yang belum diolah secara maksimal. Diharapkan pameran ini juga  dapat meningkatkan perekonomian daerah, memaksimalkan potensi pasar dalam negeri, menumbuhkan semangat kewirausahaan yang ditandai dengan munculnya wirausaha yang kompeten, serta menciptakan lapangan kerja baru.

PPN dan PPDNR diadakan sebagai ajang persaingan sehat bagi para UKM, serta sebagai sarana menjalin misi dagang lokal dalam rangka membangun konektivitas, jejaring dan transaksi penjualan produk-produk UKM antar provinsi (regional).

Pada 2013, pameran Pangan Nusa akan mengangkat tema "Penganekaragaman Pangan dan Promosi Buah-Sayur Lokal", dan menampilkan produk makanan, minuman. buah sayur lokal segar, pangan olahan, kuliner khas nusantara, spa, kosmetik dan jamu. Sementara pameran Produk Dalam Negeri Regional yang mengusung  tema "Aku cinta, Aku bangga, Aku Pakai Produk Dalam Negeri" akan menampilkan produk alas kaki, produk furnitur, alat-alat rumah tangga, pakaian dan kain.

Pameran Pangan Nusa di Pontianak rencananya akan diisi oleh 50 stan yang terdiri dari 25 stan untuk 8 provinsi peserta wilayah Kalimantan dan 25 stan untuk Provinsi Kalimantan Barat. Pameran Produk Dalam Negeri Regional juga akan diisi 50 stan yang terdiri dari 25 stan untuk 8 provinsi peserta wilayah Kalimantan dan 25 stan untuk Provinsi Kalimantan Barat. (*/DKu)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?