GATRANEWS

Indofarma Menangkan Tender E-Catalog

Jakarta, GATRAnews - PT Indofarma Tbk (INAF) memenangkan tender pengadaan obat generik yang diikuti 20 perusahaan farmasi nasional, dan akan disajikan dalam bentuk E-Catalog oleh Kementerian Kesehatan senilai Rp 1,6 triliun.

Direktur Utama PT Indofarma Tbk, Elfiano Rizaldi, mengatakan bahwa tender E-Catalog tersebut akan memuat 106 jenis obat dari 190 jenis obat. Untuk tender E-Catalog tersebut hanya memasukkan jenis obat generik. "Semua obat generik, tapi kalau jenis obat, ya hampir semua obat, mulai dari antibiotik, obat kolesterol, pencernaan, jantung, dan lain-lain," ujarnya, di Jakarta, Senin (13/5)

Elfiano menjelaskan, terkait harga obat-obat generik yang akan dimasukkan dalam E-Catalog tersebut akan menggunakan standar harga yang akan ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Tetapi, akan ada perbedaan harga dari setiap obat generik tersebut karena masalah distribusi.

Selain masalah distribusi, dikatakannya, harga obat Generik yang dinilai tinggi, lebih disebabkan oleh mahalnya harga bahan baku yang sebagian besar diimpor dari China dan India. Termasuk juga biaya impor dan keterkaitannya dengan industri hulu pembuatan bahan baku obat generik INAF yang hingga saat ini masih terbatas.

"Sebut saja amoxicilin, itu bukan amoxicilin saja tapi komponen kimia lainnya ada juga, nah komponen itu yang tidak ada di Indonesia," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, bagaimana pun juga perseroan berupaya untuk menyediakan obat yang terjangkau bagi masyarakat. Ia menyebutkan kalau harga obat generik bisa turun, salah satunya melalui asuransi.

Setiap jasa asuransi kesehatan atau asuransi jiwa diketahui memiliki kerjasama dengan dokter-dokter ahli di berbagai bidang penyakit. Dari situ, perusahaan asuransi berkapasitas untuk menentukan obat yang dianjurkan untuk nasabahnya. (*/DKu)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?