GATRANEWS

Semen Baturaja Listing di Bursa 28 Juni

 

Jakarta, GATRAnews - Produsen semen pelat merah, PT Semen Baturaja (Persero) berencana melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) dengan melepas 23,76% sahamnya ke publik atau sejumlah 2,33 miliar lembar. Harga yang ditawarkan adalah di kisaran Rp 500-685 per saham. 

 

"Penetapan harga didasari rasio laba terhadap harga saham (price earning ratio/PE ratio) 2013, yang sebanyak 13,5 kali tahun ini. Sementara, di tahun depan akan sebesar 13,0 kali, dan sebanyak 11,4 kali di tahun 2015 mendatang. Pertimbangan harga ditentukan berdasarkan PE wajar," kata Direktur Utama Bahana Securities Eko Yuliantoro dalam acara Due Diligence Meeting & Public Expose Semen Baturaja, di Jakarta, Rabu (29/5).

 

Adapun dana dari hasil IPO Perseroan seluruhnya akan akan digunakan untuk pembangunan pabrik semen. Rinciannya, sekitar 70% akan dialokasikan untuk pembelian mesin dan peralatan utama, sekitar 25% akan digunakan untuk pengadaan dan pengembangan lahan, dan sisanya sekitar 5% untuk investasi peralatan elektronik, otomasi, serta biaya desain dan engineering.

 

Dalam IPO-nya ini, Semen Baturaja telah menunjuk Bahana Securities, Danareksa Sekuritas, dan Mandiri Sekuritas sebagai penjamin emisi IPO. Sementara, masa penawaran awal (bookbuilding) akan berlangsung mulai tanggal 29 Mei hingga 7 Juni dengan perkiraan mendapat pernyataan efektif pada 18 Juni. Apabila berjalan sesuai rencana maka penawaran umum berlangsung pada 20-24 Juni dan listing pada 28 Juni 2013.

 

Sebagai informasi, Semen Baturaja saat ini memiliki tiga pabrik yang mempunyai kapasitas terpasang produksi sebesar 1,25 juta ton semen per tahun. Pangsa pasar Perseroan memiliki posisi tertinggi di Sumatera Selatan dengan pangsa pasar sebesar 48%. Perseroan juga merupakan salah satu pemasok semen terkemuka di Lampung dengan pangsa pasar sebesar 28%.

 

Perseroan berharap dapat segera mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) paling lambat pada 18 Juni 2013. Selanjutnya, perusahaan semen plat merah ini bakal melakukan masa penawaran pada 20, 21, dan 24 Juni 2013 sementara pencatatan di bursa saham di lakukan pada 28 Juni 2013. 

 

Hingga akhir 2012, Semen Baturaja melaporkan perusahaan meraup penjualan senilai Rp 1,09 triliun meningkat tipis dibandingkan setahun sebelumnya Rp 1,05 triliun. Sementara laba komprehensif periode berjalan perseroan tahun lalu mencapai Rp 298,51 miliar atau naik dibandingkan tahun sebelumnya Rp 251,63 miliar. (*/DKu)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?