GATRANEWS

Kemenpera Kembali Beri Perhargaan bagi Pengembang Terbaik

Jakarta, GATRAnews - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) kembali akan memberikan penghargaan Adiupaya Puritama bagi para pengembang terbaik yang telah membangun rumah sejahtera tapak (RST) untuk masyarakat berpenghasilan rendah. 

 

Pemberian penghargaan tersebut nantinya akan dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Perumahan Nasional (Nasional) yang jatuh pada tanggal 25 Agustus mendatang.

 

"Kami sangat mengapresiasi peran serta pengembang perumahan di daerah yang telah membangun RST bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, dalam rangka Hapernas kami akan memberikan Penghargaan Adiupaya Puritama bagi pengembang RST," ujar Asisten Deputi Evaluasi Perumahan Formal Kemenpera, Iriantosyah Kasim dalam siaran persnya, Jumat (26/7).

 

Menurutnya, kegiatan pemeringkatan penyelenggaraan pembangunan ini dilaksanakan setiap tahun. Tahun 2013 ini merupakan tahun ke enam pelaksanaan pemeringkatan sebagai bentuk pembinaan Kemenpera kepada pengembang yang secara terus menerus menunjukkan komitmen dan kinerjanya dalam penyediaan rumah MBR.

 

"Kegiatan pemeringkatan ini juga salah satu upaya dalam pembinaan pengembang untuk mendorong terlaksananya penyediaan rumah sejahtera tapak yang tertib administrasi maupun teknis. Dengan demikian dapat menciptakan lingkungan hunian yang layak huni, serasi dan harmonis serta berkelanjutan," imbuhnya.

 

Pemeringkatan bagi pengembang yang dilaksanakan sejak 2008 itu menjadi rangkaian kegiatan Peringatan Hapernas. Peringatan Hapernas juga bertujuan untuk mendorong peningkatan penyelenggaraan perumahan dan permukiman dalam pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat.

 

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengkajian Perumahan Formal selaku Ketua Panitia, Sukowiyono dalam laporannya menjelaskan bahwa pemeringkatan penyelenggaraan pembangunan RST tahun 2013 di bagi atas dua kategori yakni kategori Pulau Jawa dan Kategori Luar Pulau Jawa.

 

Tim juri kegiatan ini beranggotakan dari Kementerian Perumahan Rakyat yakni Ketua Asdep Evaluasi Perumahan Swadaya Kemenpera DR. Ir Eko D Heripoerwanto, MCP, anggota Asdep Perencanaan Perumahan Formal Kemenpera Muhammad Dimyati, Asdep Ekonomi Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup Ir. Dionysius Johny P Kusumo, MBA, Kabid Standar dan Diseminasi Puslitbangkim Kementerian PU Ir. Arief Sabaruddin CES dan Pemerhati Perumahan Dra. Yvonne L Tarore, MA.

 

Berdasarkan surat undangan yang telah disampaikan Kemenpera kepada Perumnas, Asosiasi Pembangunan Perumahan seperti REI dan Apersi serta seluruh DPD anggota asosiasi di daerah, pihaknya telah menerima sebanyak 33 usulan kelengkatan dokumen administrasi yang sesuai dengan persyaratan panitia dari 12 Provinsi dan 22 Kabupaten Kota. Rinciannya adalah kategori Pulau Jawa sebanyak 23 usulan dan sebanyak 10 usulan untuk kategori Luar Pulau Jawa.

 

Beberapa kriteria peserta pemeringkatan antara lain lokasi perumahan terbangun mulai tahun 2010 sampai 2013. Jumlah terbangun minimal sebanyak 200 unit dan tingkat hunian minimal 85 persen dari rumah yang telah terbangun. Minimal 20 persen KPR melalui mekanisme FLPP, perumahan terletak pada kota/ kabupaten di 33 provinsi dan lokasi perumahan belum pernah menerima penghargaan yang sama pada tahun sebelumnya.

 

"Pihak panitia sejak bulan Maret lalu melalui tim verifikasi juga telah melakukan penilaian terhadap dokumen administrasi dan verifikasi teknis lapangan sehingga diperoleh lokasi perumahan yang layak menjadi tiga nominator dari masing-masing kategori," ujar Sukowiyono.

 

Adapun beberapa calon nominator masing-masing kategori antara lain kategori Pulau Jawa sebanyak tiga pengembang yakni PT Kiranasurya Perkasa Perumahan Kirana Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jabar PT Puncak Mahameru pengembang perumahan Graha Arradea, Kabupaten Bogor, Jabar dan PT Dwiwahana Delta Megah pengembang Perumahan Puri Delta Asri 5, Semarang, Jateng.

 

Untuk nominator kategori Luar Pulau Jawa antara lain PT Trisandi Putra Pratama yang membangun Perumahan Biliton Regency, Tanjung Pandan, Belitung, Bangka Belitung, PT Sabak Jaya Bersama Perumahan Edelwis, Kota Jambi, Provinsi Jambi dan PT Mitra Sari Pengembang Perumahan Villa Mutiara, Makasar, Sulawesi Selatan.

 

"Para pemenang tiap-tiap kategori yang meraih peringkat 1, 2 dan 3 akan diundang dalam acara puncak peringatan Hapernas 2013 untuk menerima penghargaan Adiupaya Puritama," tandasnya. (*/DKu)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?