GATRANEWS

12 Produk Berekolabel Didorong Masuk Pengadaan Barang & Jasa Pemerintah

Jakarta, GATRAnews - Sebanyak 12 produk barang di Indonesia sudah mendapatkan logo ekolabel dari Lembaga Sertifikasi Ekolabel, Kementerian Lingkungan Hidup. Ekolabel merupakan pengakuan yang terukur, terverifikasi dan akuntabel terhadap barang dan jasa yang ramah lingkungan. Produk tersebut meliputi kertas fotokopi, kertas majalah, kertas kemasan, tekstil, produk tekstil, tisu kerbersihan, kulit jadi, serbuk detergen, sepatu kulit, baterai kering, cat tembok, keramik ubin dan kantong belanja plastik.

 

Sejumlah barang lainnya menyusul dicantumkan ekolabel. "Sebanyak 24 produk lainnya akan diverifikasi untuk mendapatkan ekolabel dan masuk dalam proses registrasi oleh Kementerian LH," ujar Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, Henry Bastaman di Jakarta, Rabu (19/3). Henry mengatakan, ke-12 produk tersebut didorong masuk dalam Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Langkah tersebut untuk menciptakan green market bagi produk berlogo ekolabel di Indonesia. "Seperti kertas berlogo ekolabel sudah masuk dalam LKPP dan diharapkan digunakan oleh instansi pemerintah dan masih banyak produk lainnya. Ini upaya kita untuk menciptakan green market," lanjut Henry kepada wartawan.

 

Pemberian logo ekolabel tidak begitu saja diberikan karena melalui serangkaian tahapan dan harus dipertanggungjawabkan. Tidak hanya materi barang/jasa yang ramah lingkungan tetapi juga proses pembuatan sampai dengan pasca penggunaan produk. Penggunaan logo ekolabel pada produk barang/jasa berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang. Perpanjangan akan diperoleh setelah Kementerian Lingkungan Hidup mengevaluasi produsen pemohon. Pencantuman logo Ekolabel adalah penjabaran dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 02 Tahun 2014 tentang Pencantuman Logo Ekolabel. Peraturan tersebut menginduk kepada UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (*/Zak) 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?