GATRANEWS

Kaka ''Slank'' Prakarsai Petisi Selamatkan Pulau Bangka di Sulut

Kaka ''Slank'' (ANTARA/Teresia May)Jakarta, GATRAnews - Dhenok Pratiwi dari change.org mengatakan, gerakan penyelamatan Pulau Bangka, Sulawesi Utara (Sulut) diprakarsai vokalis band Slank, Kaka didukung oleh organisasi lingkungan sejumlah organsisasi. "Seperti Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Greenpeace, Tunas Hijau, dan LMND, juga masyarakat luas," ujar Dhenok di Jakarta, Selasa (1/10) malam.

Menurutnya, dengan massifnya dukungan pada penyelamatan Pulau Bangka melalui laman petisi online, change.org, inisiator kampanye ingin memperluas gerakan ini ke publik. Tak hanya melalui petisi online, kampanye ini juga merambah pada aktivitas offline.

Berbagai organisasi dan individu yang peduli menyelamatkan Pulau Bangka dari ancaman industri tambang, kata Dhenok, menyesalkan arogansi dan tindakan represif negara yang mengatasnamakan melindungi investasi.

Padahal, tandas Dhenok, yang diperjuangkan oleh warga untuk menolak industri tambang, merupakan perjuangan yang konstitusional, dilindungi konstitusi, dan Undang-Undang (UU), khususnya UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan UU Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

"Menyelamatkan pulau Bangka dari kepungan industri tambang, sebagai `jalan` menyelamatkan pulau-pulau kecil lainnya di Indonesia," pungkas Dhenok. (IS)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?