GATRANEWS

'Nonton Bareng Film Inspiratif' Mampir di Wonogiri

Nobar di Wonogiri (Dok. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan)Wonogiri, GATRAnews - Kabupaten Wonogiri menjadi titik pertama di Jawa Tengah yang disinggahi oleh Kegiatan "Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif 2013" yang merupakan program dari Direktorat Sejarah & Nilai Budaya , Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setelah sebelumnya dilaksanakan di Jambi, Bali , Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Banten.

Kegiatan bertajuk "Nonton Bareng Film Inspiratif" dengan tema "Film Berkarakter, Inspirasi Kita" tersebut, digelar di Gedung PGRI Wonogiri, pada Minggu (9/6) dan dibuka oleh Kepala Bagian Hukum & Kepegawaian Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Sri Hartini, serta dihadiri oleh anggota komisi X DPR Rinto Subekti.

Menurut siaran pers yang diterima GATRAnews, Kamis (13/6) malam, daerah yang dipilih adalah daerah yang tidak atau belum memiliki sarana gedung bioskop. Sehingga upaya tersebut dapat memberi kesempatan bagi pelajar, tenaga pendidik, dan masyarakat umum di daerah, untuk menonton film berkualitas yang bernuansa pembangunan karakter bangsa sesuai dengan tujuan program yakni membangun karakter bangsa dengan film sebagai media internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui penciptaan tokoh-tokoh inspiratif dan jalan cerita yang terdapat dalam film.

Kemendikbud saat ini tengah giat menggalakan sosialisasi dan edukasi pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa.

Acara yang dibagi dalam tiga sesi yakni sesi untuk tenaga pendidik, siswa dan masyarakat umum ini dihadiri oleh 700 guru, 700 siswa sekolah dasar dan menengah pertama serta 600 masyarakat umum. Adapun film yang diputar di Wonogiri adalah Negeri Lima Menara untuk sesi guru, Cita-citaku Setinggi Tanah untuk sesi siswa, dan Tampan Tailor yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Selain menonton film, acara juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan Yuli Fajar Susetyo M.Si (psikolog) ,serta diskusi interaktif dengan narasumber Widya Wardhani Ichram (produser Negeri 5 Menara). Untuk sesi diskusi interaktif di sesi siswa akan membahas film Cita-citaku Setinggi Tanah menghadirkan Rizqullah Maulana Daffa (pemain film cilik), Luh Monika Sokananta (pemain film) dan Nissa Fijriani (produser pendamping). (NHi, EL)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?