GATRANEWS

Run Run Shaw Tutup Usia

Run Run Shaw (REUTERS/Bobby Yip)Jakarta, GATRAnews - Produser film dan pionir film-film klasik Hong Kong, Run Run Shaw, meninggal dunia dalam usia 106 tahun di rumahnya sendiri pada Selasa (7/1), pukul 6.55 pagi. Pernyatan resmi dari Television Broadcast Limited (TVB) tidak menyebutkan penyebab kematian dari orang penting dunia perfilman Hong Kong tersebut, seperti dilaporkan Bloomberg.

Run Run Shaw dikenal sebagai produser film yang mengekspor film-film Mandarin ke penonton internasional di era 1960-an. Ia juga mendirikan perusahaan pembuat filmnya sendiri, Shaw Brothers Studio, yang memproduksi film-film kung fu seperti The One-Armes Swordsman (Pendekar Pedang Bertangan Satu), dan film musikal The Kingdom and The Beauty. Ada pula film The Magnificent Concubine, sebuah kisah tentang wanita cantik era dinasti Tang yang menjadi film berbahasa Cina pertama yang masuk ke ajang penghargaan film internasional Cannes, bahkan meraih tropi Grand Prix di tahun 1962.

"Beliau akan selalu dianggap sebagai pelopor dari sejarah industri film Cina dan menjadi titik terang industri film Hong Kong yang terkenal," demikian komentar dari William Pfeiffer, CEO dari Dragongate Entertainment Limited dan mantan bos Celestial Pictures yang mengakuisisi perpustakaan yang menyimpan koleksi 760 film Shaw pada tahun 2000. Run Run Shaw menjadi presiden dari TVB pada tahun 1980.

Ia mundur dari jabatannya pada Desember 2011, setelah menjual saham kepemilikannya kepada kelompok investor dari HTC Corporation dan ITC Corporation, Cher Wang dan Charles Chan.

"Dengan visi dan kekuatannya ia membangun perusahaan menjadi stasiun televisi terkemuka di Hong Kong dan pemimpin dalam industri pertelevisioan berbahasa Mandarin," demikian pernyataan dari TVB. (*/Ven)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?