GATRANEWS

''12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya''; Film Tentang Perjuangan Kelompok Marching Band Bontang

Amanda Sutanto (GATRAnews/Edward Luhukay)Jakarta, GATRAnews – Untuk pertama kalinya kisah sebuah kelompok marching band diangkat menjadi cerita film layar lebar. 12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya, arahan sutradara Hanny R. Saputra diangkat dari kisah nyata kelompok Marching Band Bontang Pupuk Kaltim (MBBPKT) yang menjadi juara Grand Prix Marching Band tingkat nasional di Jakarta selama 10 tahun. Film berdurasi 108 menit ini dibintangi oleh Titi Rajo Bintang, Olga Lydia, Didi Petet, Niniek L. Karim, Verdi Soelaiman, Nobuyuki Suzuki, Amanda Sutanto, Arum Sekarwangi, dan Hudri.

Cerita berfokus pada tiga orang anak dengan latar belakang berbeda di kota Bontang, bagaimana pelatih mereka bisa menyatukan 130 orang anggota marching band dengan masalah pribadi masing-masing, dan membangun kerjasama tim yang membawa kemenangan.

Menurut produser film dari Big Pictures Production, Regina Septati, pemerintah kota Bontang mendukung dana dan mengatur administrasi untu keperluan pembuatan film ini, 130 orang anak dari berbagai sekolah bergabung menjadi pemain marching band dalam film ini. Bahkan adegan penampilan di GPMB diambil langsung pada saat kejuaraan GPMB 2012 berlangsung, menggunakan 24 buah kamera, untuk mendapatkan atmosfir dari reaksi sebuah perlombaan yang sebenarnya.

"Membuat film motivasi ini hal yang baru buat saya. Marching band di film ini memang didukung manajemen yang bagus dan menularkan motivasi yang luar biasa untuk bekerja keras dan membangun tim yangbagus dengan disiplin sekaligus cinta," komentar sutradara Hanny R. Saputra dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (23/1) siang.

Menurut penulis skenario Oka Aurora, ia merasa kesulitan dan terengah-engah ketika membuat skenario film 12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya karena ia tak pernah terlibat kelompok marching band sebelumnya dan harus beberapa kali bolak-balik Jakarta dan Bontang. Pelatih MBBPKT yang asli, Rene Conway, banyak berbicara dengan Oka selama pembuatan skenario film ini.

"Beberapa kali saya diomeli produser dan sutradara film ini, sampai suatu saat saya paham benang merah yang mengikat 130 orang anak ini adalah pelatihnya. Roh seorang pelatih yang membuat tim jadi solid dan tahu mereka punya tujuan yang sama," kata Oka.

"Banyak yang nggak tahu marching band ini udah 10 kali menang. Film ini memberikan info dan filosofis bagaimana orang tuabisa men-support anak mengeluarkan kreativitas sebaik mungkin sesuai kemampuannya," kata Titi Rajo Bintang, yang memerankan pelatih di film ini.

Pemain lain seperti Verdi Solaiman dan Olga Lydia juga sepakat latihan ratusan jam yang dijalanai kelompok marching band untuk tampil selama 12 menit adalah sebuah pencapaian yang luar biasa dari fisik dan tekad. Dalam film ini, semangat itupun tak memudar karena jika sebuah adegan perlu diulang, para pemain marching band mengulang dari awal lagu. (*/Ven)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?