GATRANEWS

Lagu Rinto Harahap Dipercantik Nuansa Latin

Rinto Harahap & Peter F Gontha (GATRAnews/Venny Tania)Jakarta, GATRAnews - Musisi dan produser rekaman senior Indonesia Rinto Harahap mendapat kehormatan untuk diabadikan karyanya dalam sebuah album kerja gabungan sejumlah penyanyi, termasuk Maurice Brown (penyanyi Amerika Serikat peraih Grammy Award 2012), yang diberi titel Rinto Harahap in Latin Love Songs. Album tersebut berisi 14 lagu ciptaan Rinto yang dinyanyikan kembali dalam gaya dan nuansa musik latin seperti bossa nova.

"Saya mengamati musik latin itu dinamis. Kita coba beri warna bossa, salsa, supaya memberi warna tersendiri bagi lagu-lagunya," ujar produser pelaksana album Rinto Harahap in Latin Love Songs, Erwin Harahap, dalam acara di Airman Lounge, Hotel Sultan, Jakarta, senin (13/5).

Nama-nama seperti Jajang C. Noer, Goenawan Mohammad, Adrianto Machribie, Budi Darmadi, Sandek Sahetapy, hingga Peter Gontha pun, ikut ambil bagian mendukung terwujudnya album tribute ini.

Beberapa biduanita yang menyumbangkan suara untuk album ini adalah Dira Sugandhi (Benci Tapi Rindu, Jangan Sampai Berpisah), Ermy Kullit (Seandainya Aku Punya Sayap), Bonita (Dingin, Tangan Tak Sampai), Cindy Claudia Harahap (Jangan Tumbuh Disana, Seindah Rembulan), Hendri Rotinsulu (Winda, Cindy), Indah Winar (Bila Kau Seorang Diri), Lona Cindy (Sudah Kubilang), Rio Silaen (Rindu), hingga Peter F. Gontha berkolaborasi dengan Maurice Brown dalam lagu Kau Yang Kusayang.

"Karena cinta di negara kita sedang memudar, misal dikeluarga, orang tua dan anak, pemerintah dan rakyatnya, maka kita ingin kembali ke cinta, supaya mudah mencari penyelesaian tanpa kekerasan. Lagu-lagu Rinto memang spesifik tentang cinta," tambah Erwin, yang  berharap agar album ini bisa laku melebihi standar normal saat ini yaitu 5.000 keping.

Penulis lagu dan budayawan Eros Djarot yang turut hadir dalam acara temu bersama Rinto Harahap ini juha mengakui kalau karya-karya Rinto lebih membumi dan membicarakan hal yang nyata di Indonesia. "Saya sendiri penikmat karya Rinto. Karya Rinto punya orisinalitas ke-Indonesiaan. Sementara lagu saya kadang tidak berpijak pada realitas. Tapi semua lagu punya keindahan masing-masing," tutur adik Slamet Rahardjo itu.

Dalam pertemuan tersebut, selain para penyanyi dan produser musiknya, Rinto sendiri hadir dan menyambut baik album terbarunya itu, meski tak mampu mengucapkan banyak kata-kata untuk mengungkapkan terima kasihnya karena sakit stroke yang dideritanya. (*/Ven)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?