GATRANEWS

Hak Siar Liga Spanyol Pindah Tangan

Zinedine Zidane & Carlo Ancelotti (REUTERS/Robert Pratta)Jakarta, GATRAnews - Stasiun televisi RCTI akan menayangkan gelaran Liga Spanyol musim 2013-14. Setelah melalui proses bidding, akhirnya RCTI mendapat hak siar Liga yang dikenal dengan Liga BBVA ini selama semusim yang akan dimulai pada 18 Agustus 2013. Managing Director RCTI Kanti Mirdiati mengatakan, setelah tayangan Liga Spanyol pindah ke stasiun televisi lain pada musim 2009-10 silam, akhirnya RCTI kembali menayangkan salah satu kompetisi bergengsi di dunia tersebut.

"Kami berharap tayangan Liga Spanyol ini menjawab kerinduan para pecinta sepak bola khususnya penggemar Liga Spanyol," katanya saat konfrensi pers di Jakarta, Kamis (15/8).

RCTI, dijelaskannya, akan menayangkan 100 pertandingan La Liga musim 2013-14 ini. Adapun kesemua tayangan tersebut disiarkan secara live ataupun delay. "Setiap pekannya akan ada enam pertandingan baik itu live atau delay. Namun, pertandingan yang tidak ditayangkan di RCTI, dapat disaksikan di sister company kami, Indovision, melalui channel MNC Sports," ungkap Kanti.
 
Lebih lanjut Kanti menjelaskan, keputusan antara pihak RCTI baru terjadi beberapa hari sebelum lebaran. Sebelumnya, ada dua stasiun televisi nasional yang melakukan bidding termasuk RCTI. "Dan Alhamdulillah akhirnya kita yang ditunjuk. Ini semua berkat kerja keras kami selama ini demi memanjakan pecinta sepak bola Tanah Air," tuturnya.

Kanti menjelaskan, saat musim 2009-10 lalu kala tayangan Liga Spanyol pindah ke stasiun televisi lain, disebabkan harga hak siar yang sangat mahal. Di samping itu juga terdapat masalah pada jam tayang, dimana jam tayang Liga Spanyol jika tayang di Indonesia bisa sampai dini hari menjelang pagi. "Nah sekarang sudah berubah. Mereka tidak strict lagi dengan jam tayang. Sekarang bahkan ada yang bisa tayang sore hari di sini," kata dia.

Kanti juga mengatakan, bahwa pasar Asia tengah sangat diperhatikan pihak Liga Spanyol. Hal itu juga yang mengakibatkan beberapa pertandingan ada yang disiarkan di jam primetime waktu Asia, atau pertandingan berlangsung siang hari waktu Spanyol. "Maka dari itu kita tahun ini berani ikut bidding. Kita juga optimis karena jangkauan RCTI di Indonesia sangat luas," katanya.

Di Liga Spanyol, ada beberapa hal yang menarik, seperti persaingan Real Madrid dan Barcelona. Kemudian juga persaingan tim-tim seperti Atlético Madrid, Valencia, Malaga dalam keinginannya menggeser dominasi Madrid dan Barça. Selain itu juga dapat disaksikan "atraksi" bintang-bintang dunia seperti Neymar yang akan melakoni debut di La Liga, ataupun David Villa yang mencoba peruntungannya di Atlético Madriud setelah hijrah dari Barça.

Menarik juga menyimak Madrid yang saat ini dilatih oleh pelatih baru, Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia tersebut ditugaskan untuk mampu membawa klub ibu kota Spanyol itu merebut tahta jawara Liga Spanyol itu dari tangan Barça.

Liga Spanyol di RCTI akan dibuka dengan pertandingan antara Barcelona melawan Levante pada Minggu (18/8) pukul 23.30. Dilanjutkan dengan pertandingan antara Madrid melawan Real Betis pada Senin (19/8) pukul 02.00 WIB, dan Sevilla melawan Atlético Madrid pada pukul 04.00. (*/DKu)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?