GATRANEWS

Gagal Umroh, Ratusan Jemaah Laporkan Perusahaan Travel

Jakarta, GATRAnews- PT Kelana Tour dan Travel diadukan oleh ratusan calon jemaah haji ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya (SPKT-PMJ), Kamis (2/4) siang.

Perusahaan travel yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati No.50, Ruko Festival Fatmawati, Blok D3, Cilandak, Jakarta Selatan diduga melakukan penipuan dengan total kerugian calon jemaah mencapai miliaran rupiah.

 

Calon jemaah yang kebanyakan terdiri atas ibu-ibu itu protes karena dari tanggal 26 Maret hingga April 2013, perusahan yang dilaporkan tak kunjung memberangkatkan mereka umroh ke tanah suci Mekkah. "Padahal pendafarannya sudah dari Desember tahun lalu," ucap Nuryati (52) salah satu jemaah calon umroh warga Jalan Fajar Raya, RT02/08 No36, Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

 

Total jamaah yang merasa ditipu dalam kasus ini, lanjutnya, mencapai 217 orang. Sejumlah uang dengan angka bervariasi juga sudah diserahkan ke perusahan saat jemaah melakukan pendaftaran. "Tergantung paketnya, ada yang emas, perak dan lain sebagainya. Nominalnya satu orang itu rata-rata membayar 15 sampai 25 juta," ujarnya.

 

Nuryati mengaku sudah merogoh kocek sebesar Rp 15 juta rupiah dengan rencana menjalankan ibadah umroh selama sembilan hari di Mekah. Namun setelah uang disetorkan, pihak travel tidak juga memenuhi janjinya hingga detik ini. "Uang sudah kita setor dari bulan Desember lalu," tandasnya.

 

Atas dasar itulah, lanjut Nuryati, para jemaah membentuk suatu organisasi lalu membuat laporan ke Mapolda Metro Jaya. Dalam laporan ini, jemaaah melaporkan langsung Direktur Utama PT Kelana Tour dan Travel yang bernama Bogo Abu Bakar. (WFz)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?