GATRANEWS

Jamaah Haji Duduki Kantor Travel Selama Sebulan

Jakarta, GATRAnews- Ratusan jemaah haji mengadukan perusahaan PT Kelana Tour dan Travel ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya (SPKT-PMJ), Kamis (2/5) siang. Perusahaan tersebut diduga melakukan penipuan dengan total kerugian yang diderita jemaah haji mencapai miliaran rupiah.

 

Nuryati, 52 tahun, salah satu warga yang kena tipu mengatakan para jemaaah langsung melaporkan Direktur Utama PT Kelana Tour dan Travel yang bernama Bogo Abu Bakar. "Ya, kami langsung melaporkan Bogo Abu Bakar," ujar warga yang berlamat di Jalan Fajar Raya, RT02/08 No36, Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

 

Dia menjelaskan para calon jemaah menuntut agar perusahaan tersebut segera mengembalikan uang yang sebelumnya telah disetor. Jumlahnyapun bervariasi, tergantung jenis-jenis paket yang disediakan oleh perusahaan tersebut. "Tergantung paketnya, ada yang emas, perak dan lain sebagainya. Nominalnya satu orang itu rata-rata membayar 15 sampai 25 juta," ujarnya.

 

Pengembalian uang dari perusahaan, tegasnya harus 100%, kalau tidak maka calon jemaah tidak segan-segan menjebloskan direktur perusahaan tersebut. "Intinya, kami minta uang dikembalikan sesuai perjanjian kalau para jemaah tidak jadi diberangkatkan umroh. Keterangan dari karyawan travel, uang kami bakal dicairkan sekitar dua bulanan," tandasnya.

 

Nuryati mengakuit sebelum melaporkan, kantor perusahaan travel yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati No.50, Ruko Festival Fatmawati, Blok D3, Cilandak, Jakarta Selatan pernah diduduki selama sebulan. Bahkan kunci kantor pernah diambil para jemaah. "Direkturnya hilang-hilangan terus dan susah ditemui," tuturnya.

 

Ia menerangkan, sebelum berangkat ke Mapolda Metro Jaya, para jemaah sempat berkumpul di Kantor PT Kelana Tour dan Travel dari pukul 10:00 WIB karena direktur utama perusahaan travel tersebut dikabarkan akan mengklarifikasi persoalan ini. Namun, karena yang ditunggu tak kunjung datang, para jemaah akhirnya membuat laporan ke kepolisian. (WFz)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?