GATRANEWS

Polisi: Santoso, Dalang Kelompok 20 Terduga Teroris

Jakarta, GATRAnews- Polri meliris keduapuluh terduga teroris yang berhasil ditangkap Densus 88 Antiteror selama 2 hari terakhir di sejumlah tempat. Mereka di duga merupakan kelompok Abu Roban yang merupakan jaringan kelompok Poso, Sulawesi Tengah, dibawah kendali buronan teroris kelas wahid, Santoso.

 

"Kalau diselusuri lebih jauh, kelompok Abu Roban yang diduga merupakan pimpinan kelompok ini. Mereka merupakan bagian dari gerakan teroris Poso, terkait Santoso. Mereka ada link dengan Santoso," tandas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, (9/5).

 

Boy menerangkan, Santoso sendiri merupakan orang yang terus diburu dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) bersama seorang buronan teroris Poso lainnya, Autad Rawa. "Santoso kini masih DPO bersama Autad Rawa yang merupakan unsur pimpinan gerakan teroris Poso, Sulawesi Tengah," bebernya. Boy menegaskan, keduapuluh orang terduga teroris yang berhasil dibekuk 13 dalam keadaan hidup dan 7 meninggal tersebut, merupakan jaringan Poso. "Ini sama, mulai dari Abu Umar, mereka terkait dengan kelompok di Tambora, Beji, Mustika Jaya Bekasi Timur, dan yang terkahir ini," kata Boy 

 

Menurutnya, penangkapan kedua puluh orang terduga teroris tersebut, merupakan rangkaian dari proses lanjutan dari penangkapan dan pengungkapan jaringan sebelumnya. Petugas pun terus mengembangkan penyelidikan untuk membekuk anggota jaringan lainnya. "Petugas kita akan mencermati dan mengebangkan info-info kemungkinan adanya figur yang domininan, sehingga mungkin nanti didapat nama baru," ucap Boy.

 

Keduapuluh orang terduga teroris tersebut ditangkap di Desa Limpung, Batang, Jawa Tengah, Kabupaten Bandung sekitar pukul 11.30 WIB di rumah kontrakan milik H Anda Suhanda, Kampung Baturengat Hilir RT 2 RW 8, Desa Cigondawa Hilir, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, serta di Kebumen, Jawa Tengah.(IS)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?