GATRANEWS

Rusli Zainal Diperiksa KPK Besok, Tapi Belum Tentu Ditahan

 

Jakarta, GATRAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Gubernur Provinsi Riau, Rusli Zainal dalam kasus korupsi PON Riau dan Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman (IUPHHK-HT) di Kabupaten Siak dan Pelalawan tahun 2005-2006.

 

"Benar, besok dia (RZ) dipanggil untuk diperiksa," kata Juru Bicara KPK), Johan Budi kepada wartawan di KPK, Jakarta Selatan, Kamis, (30/5).

 

Johan menegaskan, pemeriksaan RZ sekaligus sebagai tersangka kasus korupsi PON Riau dan IUPHHK-HT di Kabupaten Siak dan Pelalawan pada 2005-2006. "Ya dua-duanya," ucapnya.

 

Setelah melakukan pemeriksaan, Johan belum bisa menyampaikan apakah penyidik akan langsung menahan RZ atau tidak. "Tidak ada informasi soal penahanan," ujarnya.

 

Seperti diketahui, beberapa hari lalu, Ketua KPK, Abraham Samad mengaku belum memberikan surat rekomendasi kepada Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi untuk memberhentikan sementara Guburnur Riau tersebut. Namun RZ pasti ditahan karena tersandera kasus PON Riau dan IUPHHK-HT tersebut. “Sabar saja. Tunggu, pasti ditahan,” janji Abraham, Senin malam, (27/5).

 

Seperti diketahui, KPK mencekal kembali Gubernur Riau, Rusli Zainal berpergian ke luar negeri per tanggal 16 Mei 2013. Dia dicekal karena ditetapkan sebagai tersangka pada kasus korupsi IUPHHK-HT di Kabupaten Siak dan Pelalawan pada 2005-2006.

 

Sebelumnya, KPK juga telah mencekal Rusli sebagai tersangka kasus PON Riau. Meski sudah menjadi tersangka dua kasus, sampai saat ini KPK belum menahannya. KPK malah memilih untuk mencegah Rusli pergi ke luar negeri. (IS)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?