GATRANEWS

Penyidik Geledah Sejumlah Aliyah dan MTs di Jateng

Jakarta, GATRAnews - Penyidik pidana khusus Kejaksaan Agung menggeledah laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sejumlah Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Provinsi Jawa Tengah untuk mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan alat laboratorium IPA tahun 2010 di Kementerian Agama (Kemenag). Keterangan tersebut disampaikan Direktur Penyidikan Pidana Khusus, M Adi Toegarisman di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu, (24/7).

 

Untuk itu, imbuh dia, pihaknya telah mengirim sejumlah jaksa penyidik ke Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan penggeledahan di sejumlah laboratorium IPA MA dan Mts tersebut. "Kita telah mengirimkan jaksa penyidik untuk memeriksa alat-alat laboratorium di sejumlah sekolah tersebut untuk mengetahui apakah sudah sesuai spesifikasi," kata Adi.

 

Menurutnya, penggeledahan dilakukan sejak Selasa-Jumat (23-26 Juli), sedikitnya 28 orang saksi diperiksa, di antaranya kepala Madrasah Aliyah yang terdapat di wilaya Kabupaten Grobogan, Kudus, Jepara, dan Demak. Hanya saja Adi tidak menyebutkan nama-nama sekolah tersebut. Ia mengatakan tim penyidik sebatas memeriksa untuk mengkros cek pengadaan alat tersebut, sudah sesuai spesifikasi atau tidak.

 

Dalam kasus yang diduga telah merugikan negara sebesar Rp27,5 miliar itu, jaksa penyidik Pidana Khusus telah menetapkan delapan orang tersangka. Dari unsur swasta yakni, Arifin Ahmad (Direktur Utama PT Alfindo Nuratama Perkasa), Zainal Arief (Direktur CV Pudak), Mauren Patricia Cicilia (Staf PT Nurationdo Bangun Perkara) dan Konsultan Informasi Teknologi dari PT Sean Hulbert Jaya Ida Bagus Mahendra Jaya Martha.

 

Sedangkan dari unsur pemerintah yakni Firdaus Basuni (mantan Direktur Pendidikan Madrasah Kemag), dan Rizal Royan (mantan perwakilan dari Unit Pengadaan), mantan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemag Affandi Mochtar, dan Pejabat Pembuat Komitmen Kemenag Syaifuddin.

 

Kedelapan orang itu diduga telah menggelembungkan harga barang dalam proyek tersebut. Nilai proyek pengadaan alat laboratorium IPA MTS tahun anggaran 2010 sebesar 27,5 miliar. Adapun nilai proyek laboratorium IPA MA Rp 44 miliar.(IS)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?