GATRANEWS

KPK Harus Usut Kasus Korupsi Bupati Katingan

Jakarta, GATRAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan segera mengungkap kasus korupsi yang diduga melibatkan Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Ahmad Yantenglie, sebesar Rp 40 miliar.

"Kami mengharapkan Tim Penyidik KPK dapat membantu mengungkap tindak pidana korupsi tersebut," kata Widodo, kuasa hukum Tenaga Teknis Penilaian Bibit dari Dinas Kehutanan Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Kariano dan Pancaria, di Jakarta, Jumat (26/7).

Harapan tersebut disampakan Widodo setelah kliennya melaporkan kasus dugaan korupsi yang dilakukan Bupati Yantenglie sebesar Rp 40 miliar atas proyek rencana tahunan yang diadakan Dinas Kehutan Kabupaten Katingan. Dinas Kehutanan mengajukan pelelangan ke unit layanan pengadaan Pokja Konsultan (ULP) Kabupaten Katingan untuk mengadakan pelelangan RTN.

"Selain itu, terjadi kongkalingkong antara rekanan dengan oknum di Dinas Kehutanan Katingan dan Pemda Kabupaten Katingan, mengeruk keuntungan pribadi untuk memperkaya diri dan sangat merugikan keuangan negara," cetus Widodo.

Menurutnya, rekanan-rekanan itu mengeruk keuntungan tanpa melakukan kegiatan proyek di lapangan dan patut diduga penggunaan Dana Proyek DBH-DR Tahun 2009 Lanjutan, untuk money politik pada pemilihan putaran ke-II tgl 13 Juni 2013. Mengingat, 10 hari sebelum pencoblosan, beberapa rekanan Dana proyek DBH-DR 2009 lanjutan, berkonspirasi menggalang dana untuk memenangkan pasangan Bacalon nomor 2 pada Pemilukada Kabupaten Katingan.

"Setelah ditelisik lebih jauh, beberapa rekanan tersebut memiliki hubungan kekeluargaan dan sebagian rekanan tergabung tim sukses bacalon bupati dari nomor 2," pungkasnya. (IS)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?