GATRANEWS

Kompolnas: Badrodin Haiti Perketat Persaingan Bursa Calon Kapolri

Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Oegroseno (kiri) bersama penggantinya Irjen Pol. Badrodin Haiti melakukan salam komando usai mengikuti upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kabaharkam Polri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/8). Badrodin Haiti sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri, menggantikan Oegroseno yang saat ini menjabat sebagai Wakapolri. ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan/Koz/nz/13.Jakarta, GATRAnews - Bursa persaingan calon kepala kepolisian Republik Indonesia (kapolri) semakin ketat setelah Kepala Bagian Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Badrodin Haiti meraih pangkat barunya jendral bintang tiga alias komisaris jenderal (komjen) polisi. Penilaian tersebut disampaikan Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) M Nasser di Jakarta, Rabu, (28/8).

Menurutnya, dengan diangkatnya Badrodin Haiti ke bintang tiga atau Komisaris Jendral bisa saja diperhitungkan menjadi calon kuat, meski semua diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku pengambil keputusan.

"Iya benar, BH (Badrodin Haiti) akan menjadi calon yang dihitung kuat dalam penetapan kapolri baru oleh Presiden. Mari kita serahkan dan tunggu keputusan SBY, pasti beliau pilih yang terbaik," ujar Nasser.

Sementara, Komisioner Kompolnas, Hamidah Abdurrachman mengatakan dengan bertambahnya jenderal bintang tiga, maka secara otomatis akan masuk bursa kapolri. Namun, Kompolnas sendiri telah memberikan nama-nama calon kapolri, hanya tinggal menungu keputusan Presiden Yudhoyono "Tugas Kompolnas sudah selesai, nama sudah kami serahkan ke ketua (Kompolnas), info lebih lanjut belum ada," terangnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo telah memberikan kenaikan pangkat kepada Badrodin Haiti dari Inspektur jenderal menjadi komnjen di Gedung Rupatama Mabes Polri. Badroedin sendiri diangkat sebagai Kepala Baharkam sekaligus menjabat Asisten Operasional Mabes Polri.

Atas kenaikan pangkat tersebut, Badrodin menjadi jenderal bintang tiga, berarti menambah jejeran jenderal bintang tiga lainnya untuk menjadi orang kuat di korps Bayangkara ini. Sebelumnya ada tiga calon kapolri yang dibidik dari kepangkatan Komjend, yakni Komjen (Pol) Anang Iskadar, Komjen (Pol) Sutarman, dan Komjen (Pol) Budi Gunawan.

Sedangkan di kepangkatan Irjen atau bintang dua yang direkomendasikan untuk masuk bursa kapolri, yakni Irjen (Pol) Pudji Hartanto, Irjen (Pol) Arif Wachjunadi, Irjen (Pol) Putu Bayu Seno, Irjen (Pol) Anas Yusuf, Irjen (Pol) Anton Setiadi, dan Irjen (Pol) Saud Usman Nasution. (IS) 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?