GATRANEWS

Akil Mochtar Diancam Hukuman Mati?

Jakarta, GATRAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), tersangka Akil Mochtar akankah menjadi terdakwa pertama yang akan dijerat ancaman hukuman mati oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) demi memberikan efek jera kepada koruptor, terlebih Akil merupakan penegak hukum, sehingga harus dihukum lebih berat dengan tuntutan maksimal.

 

"Maksimal (ancaman hukuman mati-Red.) yang akan diberikan belum bisa ditentukan," ucap Wakil Ketua KPK, Bambang Widjajanto di KPK, Jakarta, Kamis petang, (3/10/2013).

 

Namun demikian, BW begitu orang nomor 2 di KPK tersebut disapa, mengatakan, tidak menututup kemungkinan pihaknya akan menuntut Akil dengan ancaman hukuman mati.

 

"Tapi itu nanti melihat dari seluruh proses penyidikan, sejauhmana kualitas dan koperasi yang diberikan. Ini jadi pertimbangan. Nanti, akan dilihat persidangan dan kita akan lihat sejauhmana kualitas kejahatan yang dilakukan pelaku," tandasnya.

 

Anda boleh lihat, imbuh BW, selama ini ancaman yang digunakan KPK kepada tersangka atau terdakwa korupsi, adalah ancaman yang bisa mendorong penjeraan, lebih-lebih ada tanda (sign) dari MA untuk menghukum maksimal pelaku korupsi. 

 

"Kalau ini bisa tersinergi, bukan hanya menghukum seseorang, tapi harus melahirkan efek jera agar tidak terjadi lagi," tandasnya.(IS)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?