Terduga Teroris Poso Bagian dari Kelompok Santoso

Jakarta, GATRAnews- Dua terduga teroris yang berhasil ditangkap dan seorang diantaranya ditembak mati pagi tadi, merupakan kelompok teroris Santoso yang merencanakan sejumlah aksi teror di Palu. "Khususnya terkait DPO Santoso dan beberapa mereka yang merencanakan aksi teror maupun yang telah dilakukan, sepeti di Palu, terkait adanya kegiatan perampokan bank, kemudian terkait rencana aksi teror yang mereka lakukan," papar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Sabtu, (3/11), di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

 

Menurutnya, untuk mengungkap kemungkinan ada terduga lainnya di sekitar tempat kejadian, yakni Desa Kayamaya, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, aparat sempat memeriksa warga setempat usai menciduk terduga teroris."Masyarakat di tempat lokasi penangkapan juga dilakukan penggeledahan dan upaya penyitaan terhadap barang-barang yang diduga terkait sarana, peralatan, atau bahan material yang dimanfataakan kegiatan perencanaan aksi teror," ujarnya. 

 

Sebelumnya diberitakan, tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri dibantu oleh Satgas Penegakan Hukum (Gakkum) Polda Sulawesi Tengah melakukan penggerebekan terhadap rumah terduga teroris di Poso, Sulawesi Tengah. Seorang terduga teroris tewas ditembak petugas, satu dibekuk dalam keadaan hidup, dan seorang lainnya berhasil malarikan diri.

 

Dijelaskan, pelaku yang tertembak dan kemudian meninggal dunia, diketahui bernama Kholik, dan satu orang atas nama Tomo alias Yasin berhasil ditangkap dalam keadaan hidup.(IS)

Share this article