Gatranews - Mantan Oknum TNI Jual Senjata Api Curian

Mantan Oknum TNI Jual Senjata Api Curian

Jakarta, GATRAnews - TMT, 25 tahun, pelaku yang digelandang petugas Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya akibat kepemilikan dan menyimpan senjata api ilegal jenis V2 lengkap dengan magazine merupakan anggota TNI yang dipecat dari kesatuannya. Hal ini diungkapkan oleh Kasubdit Jatanras AKBP Helmy Santika di Mapolda Metro Jaya, Selasa (12/2). "Pelaku merupakan oknum TNI berpangkat Kopral yang dipecat karena memiliki istri dua," jelasnya kepada wartawan.

 

Tak hanya itu, Helmy mengatakan, pelaku juga kemudian beralih menjadi residivis yang baru keluar dari LP Makasar pada November 2012. "TMP ini belum lama keluar dari penjara. Memang dia  berniat cari senjata buat merampok dan saat ini sudah di tahan dan diproses lebih lanjut," ujarnya.

 

TMP dibekuk petugas pada tanggal 7 Januari 2013 pukul 18.00 WIB di Jl. Mawar III Rt 007/05 Kelurahan Rempoa, Kecamatan Pasanggrahan Jakarta Selatan setelah memperoleh informasi bahwa ia akan melakaukan transaksi jual beli senjata. Petugas melakukan penyamaran dengan berpura-pura sebagai pembeli dan pelaku tak berkutik saat diringkus. Senjata tersebut dibandrol pelaku dengan harga Rp 25 juta dan didapat dari seorang anggota di SPN Batua, Sulawesi Selatan dengan cara dikroyok.

 

Menggunakan kapal laut Gunung Dempo, pada 7 Januari 2013 pelaku tiba di Jakarta. Senjata tersebut dibungkus sedemikian rupa menggunakan kertas koran dan karton menyerupai bungkusan ikan agar lolos dari pemeriksaan di pelabuhan. Rencanaya, senpi tersebut dijual untuk para pelaku kejahata. (WFz)

Share this article