GATRANEWS

Eh Ada Emoticon baru di Facebook

Jakarta, GATRANEWS - Situs media jejaring sosial Facebook meluncurkan simbol ekspresi wajah atau emoticon baru bagi para pengguna aplikasinya di iOS Apple dan Facebook Messenger di Android.
 
Emoticon yang disebut Finch itu diciptakan seniman ilustrasi Pixar Studio, Matt Jones, dan tersedia gratis dalam kantong emoticon ketika para pengguna aplikasi membuka fitur percakapan (chat).
 
Semula, ANTARA News melaporkan, Facebook bekerjasama dengan salah satu direktur Greater Good Science Program dari University of California Berkeley, Dacher Keltner, untuk mengusung pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan simbol ekspresi wajah pada percakapan teks.
 
Hasil riset dengan Keltner itu kemudian diwujudkan Matt Jones bersama Sam Hood melalui emoticon Finch yang dapat bergerak-gerak bahkan ketika para pengguna aplikasi percakapan memencet simbol itu.
 
Josh Constine dari TechCrunch menyebut emoticon bergerak, seperti yang didesain Jones, berguna untuk menggantikan ekspresi wajah dan bahasa tubuh ketika dua orang melakukan percakapan dengan teks.
 
"Ekspresi wajah dan bahasa tubuh menarik perhatian orang ketika saling bertatapan, tapi kita berada di ruang gelap ketika (mengirim) pesan tidak sinkron dari jarak jauh," sebut Constine seperti dikutip techcrunch.com.
 
Facebook telah meluncurkan sejumlah bentuk emoticon untuk menarik minta para pengguna aplikasi Messenger-nya sejak awal April. Emoticon dihadirkan agar Facebook Messenger dapat bersaing dengan layanan perpesanan lain seperti LINE dan Path. (Dh)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?