Inikah Bukti Teknologi Canggih Kehidupan Cerdas di Luar Bumi?

Gelombang radio pelayaran antar galaksi (M. Weiss/CfA)Jakarta GATRAnews -- Pencarian kehidupan cerdas di luar bumi dengan melacak banyak isyarat dari kehidupan asing. Penelitian terbaru yang dipublikasikan jurnal Astrophysical Journal Letters, Maret ini, menunjukkan bahwa fenomena misterius yang disebut semburan gelombang radio cepat bisa menjadi bukti teknologi canggih alien. Ilmuwan menduga, semburan itu mungkin kebocoran pemancar berukuran planet untuk memberi daya wahana antar bintang di galaksi jauh.

"Semburan gelombang radio yang sangat cepat, mengingat durasinya yang singkat, dan berasal dari jarak yang sangat jauh, dan kami belum mengidentifikasi sumber alami apapun," kata Avi Loeb dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Sesuai namanya, semburan gelombang radio cepat yang berkedip berdurasi milidetik. Pertama kali ditemukan pada 2007, kurang dari dua lusin telah terdeteksi teleskop radio raksasa seperti Parkes Observatory di Australia, atau Arecibo Observatory di Puerto Rico. Mereka disimpulkan berasal dari galaksi jauh, miliaran tahun cahaya.

Loeb dan rekan-penulis Manasvi Lingam (Harvard University) meneliti kelayakan menciptakan pemancar radio yang cukup kuat untuk terdeteksi melintasi jarak yang sangat besar tersebut. Mereka menemukan bahwa, jika pemancar bertenaga surya, sinar matahari jatuh di atas lahan seluas dua kali planet seukuran Bumi, akan cukup untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. "Proyek konstruksi besar tersebut jauh melampaui teknologi kami, tetapi dalam wilayah kemungkinan sesuai dengan hukum fisika," tulis mereka.

Lingam dan Loeb juga mempertimbangkan apakah pemancar tersebut akan menjadi layak dari perspektif rekayasa. Mereka kemudian bertanya, mengapa membangun instrumen tersebut? Mereka berpendapat bahwa penggunaan yang paling masuk akal dari kekuatan seperti itu adalah untuk mengemudi layar cahaya antar bintang. Jumlah daya yang terlibat akan cukup untuk mendorong muatan satu juta ton, atau sekitar 20 kali pelayaran kapal terbesar di Bumi.

"Itu cukup besar untuk membawa penumpang yang tinggal di jarak antar atau bahkan intergalaksi," tambah Lingam.

Untuk daya layar cahaya, pemancar perlu fokus terus menerus. Pengamat di Bumi akan melihat kilatan singkat karena berlayar dan planet, bintang, dan galaksi, semua bergerak relatif terhadap kita. Akibatnya, gelombang itu menyapu di langit dan ke arah kita sekejap.

Loeb mengakui bahwa pekerjaan ini adalah spekulatif. Ketika ditanya apakah dia benar-benar percaya bahwa setiap semburan gelombang radio cepat adalah karena alien, dia menjawab, "Ilmu bukan soal keyakinan, itu soal bukti. Memutuskan apa yang mungkin yang sebelumnya membatasi kemungkinan itu. Ini perlu menempatkan ide-ide keluar sana, dan membiarkan data menjadi hakim," tegasnya.