Foto Terakhir Bahrumsyah dirilis ISIS

Bahrumsyah alias Abu Muhammad dirilis ISIS (Twitter/@memrijttm)Palmyra, GATRAnews - Sebuah foto yang dirilis ISIS memperlihat detik-detik terakhir Bahrumsyah sebelum menekan pedal gas mobil berisi bom yang digunakan untuk melakukan serangan bunuh diri di Palmyra, Syria.

 

Dalam foto itu, Bahrumsyah terlihat menggunakan kacamata dengan janggut tebal dan baju tebal. Dia menoleh dan seperti berbicara dengan seseorang di dalam kabin mobil yang terlihat sangat sempit. 

 

Laporan ISIS, serangan bunuh diri itu berhasil menimbulkan kerusakan signifikan terhadap musuh yaitu militer Syria. Namun laporan dari Al Masdar News  mengatakan serangan itu gagal karena amunisi yang dibawa mobil maut Bahrumsyah meledak sebelum sampai sasaran. 

 

Bahrumsyah yang memiliki julukan Abu Muhamad Al Indonesi kabarnya dipilih langsung oleh pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi untuk memimpin Katibah Nusantara, unit pasukan asal Nusantara yang berperang di Raqqa, Suriah.

 

Namanya terkenal setelah muncul dalam video propaganda yang mengundang warga Indonesia untuk bergabung dengan ISIS di Timur Tengah. Dengan berani dia berbicara dalam bahasa Indonesia tanpa penutup wajah. Padahal saat itu, militan ISIS selalu dimunculkan dengan penutup wajah.

 

Bachrum Syah bikin geger ketika videonya di You Tube mengaku sebagai orang Indonesia yang bergabung dengan ISIS pada 2014 (Dok. Youtube)
Bachrum Syah bikin geger ketika videonya di You Tube mengaku sebagai orang Indonesia yang bergabung dengan ISIS pada 2014 (Dok. Youtube)

Bahrumsyah sebelumnya memimpin jaringan Mujahidin Indonesia Barat. Dia berangkat ke Syria Mei 2014.

 

Menurut laman the straits times, namanya juga Aman Abdurrahman (sekarang di tahan di Nusakambangan karena kasus pelatihan militer di Aceh) masuk dalam daftar teroris Amerika Serikat sejak Januari lalu. Pada bulan yang sama muncul rumor Bahrumsyah tewas dalam pertempuran.

 

Dan di bulan itupula, istri Bahrumsyah dideportasi dari Turki karena tertangkap saat hendak masuk Syria. Wanita bernama Nia Kurniawati sekarang berada di Panti Sosial Bambu Apus mengikuti program deradikalisasi.


Editor: Rosyid

Share this article