GATRANEWS

Arab Saudi Kurangi 20% Kuota Haji Internasional

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terpaksa mengurangi kuota jamaah haji, baik lokal Saudi maupun internasional, termasuk dari Indonesia. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa bin Ibrahim al Mubarak, di Kedubes Arab Saudi di Jakarta, Kamis (27/6), menerangkan bahwa pengurangan tersebut dilakukan karena adanya proyek pengerjaan beberapa fasilitas di Masjidil Haram.

"Kami meberikan keterangan apa yang terjadi di Masjidil Haram, karena ada perluasan, sesuai intruksi Raja Arab Saudi," kata Mustafa, kepada sejumlah awak media.

Adapun pengurangan kuota tersebut, yakni 20 persen bagi jamaah haji internasional, dan 50 persen bagi jamaah haji domestik, pada tahun ini. Pengurangan tersebut dilakukan mengingat tempat Thawaf dan Sai masih dalam proses pembangunan.

"Perluasan ini mecakup tempat Thawaf dan Sai yang kita saksikan tadi. Biasanya, sebelum perluasan, ini dapat menapung sekitar 48 ribu jemaah per jam. Saat ini, dengan adanya proyek ini, sementara apasitasnya hanya bisa menampung 22 ribu per jam," rincinya.

Menurut Mustafa, pembangunan perluasan Masjidil Haram tersebut harus dilakukan pemerintah Kerajaan Arab Saudi demi memberikan kenyamanan, kelancaran, dan keamanan bagi jemaah haji, karena setiap tahunnya terjadi jumlah lonjakan umat yang ingin menunakan ibadah haji.

"Tentuanya, akibat ada pengurangan ini mengingat kapasitas Masjidil Haram tidak mencukupi lagi dan kuota haji itu terus bertambah, sehingga harus dilakukan perluasan," ujarnya.

Meski dalam proyek pembangunan, jumlah tersebut bisa saja ditingkatkan dari 22 ribu jamaah per jam menjadi 35 ribu perjam dengan memperhatikan perkembangan pembangunan proyek tersebut.

"Nanti akan ditingkatkan 35 ribu dan terus ditingkatkan dalam jumlah tertentu. Kalau sudah sudah selesai akan terus ditambah," tandsasnya.

Pembangunan perluasan Masjidil Haram sendiri diperkirakan akan memakan waktu sekitar 3 tahun. Namun demikian, pihak pemerintah Arab Saudi menjamin pelaksanaan ibadah haji akan tetap berjalan meski terjadi pengurangan jumlah kuota jamaah. (IS)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?