Menkes Luncurkan e-Catalog Obat Generik

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2013 (GATRAnews/Eva Agriana Ali)Jakarta, GATRAnews - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi meluncurkan e-Catalog Obat Generik, dalam rangkaian kegiatan Pra Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Pra Rakerkesnas), pada Senin malam (18/3), di Jakarta. 

Sistem e-Catalog Obat Generik ini diharapkan dapat membantu meminimalisasi penyimpangan dan memudahkan pemerintah untuk mendapatkan produk obat generik yang dibutuhkan.

e-Catalog Obat Generik ini memuat informasi seputar daftar nama obat, jenis, spesifikasi teknis, harga satuan terkecil, dan pabrik penyedia obat. Pengadaan obat generik dalam daftar ini dilakukan melalui mekanisme e-Purchasing, serta bersifat penunjukan langsung oleh satuan kerja.  

“Melalui e-Catalog Obat Generik ini diharapkan agar proses pengadaan obat generik di sektor pemerintah dapat menjadi lebih transparan, akuntabel, efektif dan efisien,” jelas Menkes, dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Rabu (20/3), di Jakarta.

E-Catalog juga mencantumkan harga satuan terkecil obat yang sudah termasuk pajak dan biaya distribusi. Dinas atau pihak rumah sakit yang ingin melaksanakan pengadaan obat generik juga tinggal memilih dari daftar karena harga dan spesifikasinya sudah jelas.

Acara malam silaturahmi Pra Rakerkesnas 2013 Regional Barat ini dihadiri peserta dari 10 provinsi di wilayah barat Indonesia. Selain peluncuran e-Catalog, Menkes juga mengumumkan penghargaan bagi dinas kesehatan provinsi yang berhasil mencapai target MDGs dalam bidang Gizi dan Kesehatan Ibu-Anak

Dinas kesehatan yang berhasil memperoleh penghargaan itu meliputi Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Bali, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Selatan. 

Di samping itu dilakukan pendandatanganan MoU tentang Pemberdayaan Masyarakat dalam Percepatan Pencapaian Target MDGs antara Kementerian Kesehatan dengan mitra Yayasan Damandiri dan PT Adaro. (Ven){jcomments on}

Share this article