GATRANEWS

Autis, Bukan Bodoh atau Ganguan Mental

Jakarta, GARTAnews - Anggapan anak autis sebagai anak bodoh dan terganggu mentalnya, tegas ditolak oleh Ketua Asosiasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja (Akeswari), dr Dwijo SpKJ. Kurangnya peran dan perhatian orang tua, juga penyebab utama autis pada anak. "Anak autis tidak bodoh, bukan juga gangguan mental. Hanya saja ia mengalami hambatan dalam perkembangan otaknya. Penyebabnya juga bukan karena psikologis tetapi banyak faktor, salah satunya genetika atau penyimpangan kromosom," terangnya, Selasa (9/4) dalam seminar Kementerian Kesehatan dengan tema Diagnosis Akurat, Pendidikan Tepat dan Dukungan Kuat Untuk Menciptakan Masa Depan Anak Autis yang Lebih Baik diRatna Puri Hotel Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

 

Berdasarkan penelitian 70% anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) memiliki IQ 20-70 saja, tetapi tidak sedikit anak dengan tingkat kecerdasan di atas 140. Apakah kecerdasan mereka rendah atau tinggi keduanya masuk dalam disabilitas sosial. Ditambahkannya tidak semua anak ASD berbakat, semua kembali kepada orang tua yang mendidik dan mengasuhnya. Hingga saat ini masih banyak yang tidak memahami tentang fakta tersebut, sehingga ASD dipandang sama satu dengan yang lainnya. "ASD itu belum tenta intelegensi-nya rendah dan tidak semua memiliki bakat tertentu. Terakit bakat itu kembali kepada orang tua yang memberikan pendidikan secara tepat dan dukungan penuh kepada anak," lanjutnya.

 

ASD ditegaskannya tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dan dikembangkan dengan pola asuh dan perhatian yang lebih dari orang tua. Keluarga menjadi faktor utama yang menentukan kepercayaan diri dan perkembangan bakat anak autis.  Lantas apakah penyebab ASD tersebut? menurut Dwijo, 50 persen ASD karena faktor genetik. Namun belum tentu bisa diturunkan pada generasi selanjutnya, karena banyak faktor lainnya yang mendukung terjadinya perubahan genetik tersebut. "Misalnya makanan yang dikonsumsi, polusi dan sebagainya bisa menyebabkan perubahan genetik. Ini belum tentu diteruskan kepada generasi berikutnya," pungkas Dwijo. (*/Zak)

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?