GATRANEWS

Terlalu! Ada Orangtua Tawari Anaknya Merokok

Jakarta, GATRAnews - Peribahasa menyebutkan bahwa "buah apel jatuh tak jauh dari pohonnya." Demikian pula dengan perilaku merokok. Sebanyak 75,5 persen pelajar mengaku bahwa perilaku yang tidak sehat itu mereka lakukan karena ayah mereka juga merokok.

Namun yang terparah, menurut survei Modernisator dan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, tentang perilaku merokok pelajar SMP dan SMA di Jakarta, pada Oktober 2012 itu, ada 13,3 persen pelajar yang mengaku menjadi perokok setelah ditawari rokok oleh orangtua mereka!

Dalam survei, yang dipaparkan dalam siaran pers yang diterima GATRAnews, Senin (6/5), di Jakarta, itu disebutkan, selain peran ayah, ibu juga memiliki andil dalam membentuk perilaku pelajar perokok, kendati hanya sebesar 10,4 persen. Sedangkan 35,8 persen lainnya mengaku merokok karena ditawari anggota keluarga mereka. Dan 27,1 persen ditawari rokok oleh anggota keluarga yang tinggal serumah.

Jumlah perokok aktif di kalangan pelajar Jakarta, terbilang mengkhawatirkan, yakni 20,6 persen, dan 10,7 persen lainnya pernah atau terkadang merokok.

Survei tersebut menunjukkan bahwa keluarga dan lingkungan pelajar sangat berpengaruh terhadap perilaku merokok pelajar. Karena itu, FE Trisakti mengimbau pentingnya gerakan penyadaran perubahan akan bahaya dan resiko merokok, di kalangan keluarga dan lingkungan para pelajar.

Untuk itu, Modernisator bekerja sama dengan FE Trisakti berupaya melakukan inisiasi pendekatan kepada keluarga untuk melakukan pencegahan merokok pada pelajar, melalui sebuah loka karya yang digelar akhir pekan lalu.

Loka karya itu menekankan bahwa pendidikan yang utama dan pertama kali untuk mencegah pelajar merokok adalah lingkungan keluarga, sehingga upaya pencegahan merokok di kalangan pelajar bukan hanya melalui sekolah, melainkan juga didukung berbagai pihak, termasuk pada orangtua atau wali pelajar.

Disebutkan pula bahwa orangtua dan komite sekolah bisa menjadi role model untuk tidak merokok, agar berdampak positif terhadap anak-anak mereka yang masih berstatus pelajar. (TMA)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?