GATRANEWS

Switch to desktop

Jalur Mudik Limbangan, Garut, Padat Merayap

Jalan Garut-Bandung Bergelombang (ANTARA/Feri Purnama)Garut, GATRAnews - Kepadatan arus mudik di kawasan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah mulai terasa. H-4 jelang Lebaran. Kendaran yang menuju sejumlah kota di Jawa Tengah bagian selatan, bergerak perlahan dan merayap. Pantauan GATRAnews, di kawasan sekitar pasar Limbangan kendaraan tampak padat. Tak jarang kendaraan roda empat, mobil pribadi, bus dan lainnya berhenti beberapa menit, karena aktivitas masyarakat di pasar.

Kondisi lebih parah terjadi di lajur sebalik, menuju arah Bandung dan Jakarta. Antrian panjang kendaraan terjadi dari arah Kecamatan Kersamanah, nyaris tak bergerak yang didominasi kendaraan pribadi dan bus antar kota antar provinsi (AKAP).   

Selain karena badan jalan yang hanya dua lajur, beberapa titik di Kabupaten Garut yang menjadi jalur pemudik diperparah dengan adanya pasar tumpah yang memakan badan jalan. Parkir sembarangan tempat, juga menjadi salah satu biang kemacetan di jalur mudik ini.

Meskipun petugas Polantas bersiaga di sejumlah titik kemacetan di jalur Garut namun tetap belum bisa terurai. Bagi para pemudik dihimbau tetap berhati-hati karena jalur selatan dikenal dengan medan yang berkelok-kelok dan sempit.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Ditlantas Polda Jawa Barat Noffan Widiayoko mengatakan, selama tiga jam, sejak pukul 8.30 tercacat 28 ribu kendaraan melewati wilayah ini.

Catatan Polda, sepanjang hari kemarin, Sabtu (3/8), setidaknya ada 456 ribu kendaraan yang melewati Nagreg. Para pemudik ini sebagian besar menuju Jawa Tengah melalui Tasikmalaya. (*/Zak) 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version