GATRANEWS

Geber BUMN Desak Dahlan Penuhi Panggilan Komisi IX DPR

 

Jakarta, GATRAnews - Buruh dari Gerakan Bersama Serikat Pekerja atau Serikat Buruh Badan Usaha Milik Negara (Geber BUMN) melakukan aksi unjuk rasa di depan gerbang gedung DPR-MPR RI, Jakarta. Ratusan buruh tersebut mendesak Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menghadiri panggilan Komisi IX DPR RI.

"Kami meminta etika baik Menteri BUMN, Dahlan Iskan agar memenuhi undangan Ketua DPR RI Marzukie Alie, yang disampaikan melalui Presiden SBY, agar hadir membahas penyelesaian masalah perburuhan di BUMN," tegas Penanggung Jawab Lapangan dan Wakil Ketua Bidang Hukum dan Advokasi SP-FKK PT Dirgantara Indonesia, Muhamad Sidarta, di sela-sela aksi, Rabu (10/4).

Menurutnya, ribuan buruh BUMN menegaskan, Dahlan harus hadir mengikuti rapat soal nasib buruh, karena Komisi IX DPR RI sudah empat kali melayangkan surat panggilan melalui pimpinan DPR dan empat kali itu juga Dahlan mangkir.

Sikap Dahlan tersebut sungguh sangat melukai lebih dari ribuan buruh di BUMN dan kian memperparah ketidakpastian perburuhan negeri ini, seperti masalah tenaga alih daya atau outsourcing yang tak kunjung usai.

"Sampai saat ini, ribuan buruh tidak merasakan adanya rasa keamanan dalam menjalani kehidupan, menyongsong masa depan, dan menyiapkan kesejakteraan kelurganya, karena outsourcing tidak menjamin kepastian kerja, upah, dan masa depan atau hari tua. Sewaktu-waktu kontrak buruh bisa diakhiri secara sepihak," paparnya.

Dampak ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah, termasuk Meneg BUMN, Dahlan Iskan. Seharusnya sebagai pejabat negara, Dahlan melindungi buruh yang juga rakyat Indonesia. Dahlan dan pejabat terkait, seharusnya tidak tega melihat rakyatnya diperlakukan bak mesin dan dapat diberhentikan sesukan hati pengusaha. (IS)

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?