GATRANEWS

Akhir April, Diumumkan Pemenang Tender Proyek MRT

Jakarta, GATRAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa megaproyek Mass Rapid Transit (MRT) tak lama lagi segera dimulai. Kepada wartawan ia menjanjikan pengumuman pemenang tander proyek senilai Rp 15 triliun tersebut paling lambat akhir bulan April ini.

"Pokoknya akhir bulan ini, itu berarti yah minggu ini. Pemenang tander itu artinya ini (MRT) sudah dimulai, resminya nanti kita umumkan, ya semacam soft launching lah," ungkap Jokowi, Senin siang (22/4), di Balai Kota Jakarta.

Meski optimis dimulai akhir bulan ini, ia tetap tegas menolak menandatangani surat pernyataan tanggung jawab mutlak dalam proyek MRT. Salah satu alasannya surat tersebut karena di luar kewenangannya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini tak bersedia mempertanggungjawabkan seluruh badan usaha milik daerah di DKI Jakarta. Dicontohkannya, proyek yang dijalankan oleh badan usaha milik negara dan Presiden RI tak diminta untuk menandatangani surat serupa. Atas dasar itu ia mengambil langkah tersebut meskipun sempat mengakibatkan terganjalnya pengerjaan megaproyek itu.

"Kalau tanda tangan, (nanti) semua tanggung jawab mutlaknya ada di gubernur. Jadi direktur utama BUMD saja, jangan jadi gubernur," lanjut Jokowi.

Kesibukannya sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta, ia tidak punya banyak waktu mengawasi pembangunan MRT. Menurutnya yang paling tepat untuk menandatangi surat tersebut adalah direktur BUMD.

Surat pernyataan tanggung jawab mutlak merupakan syarat yang diberikan oleh Kementerian Keuangan. Surat ini berfungsi mencairkan dana hibah dari pemerintah pusat. Dalam surat itu, Gubernur DKI diminta memberikan pernyataannya sebagai pengguna dana hibah dan bertanggung jawab penuh atas penggunaan dana.

Pertanggungjawaban tersebut meliputi kebenaran penetapan dan perhitungan biaya serta penggunaan dana hibah. Jika terjadi kesalahan, Gubernur DKI wajib bertanggung jawab mengembalikan ke kas negara.

"Masa tanggung jawab mutlak. Kalau saya teken, keenakan. Apa-apa semua mutlak ke saya. Nanti saya harus ngawasi setiap detik, setiap jam, setiap hari, ya enggak gitu dong," pungkasnya. (*/Zak)

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?