GATRANEWS

DPRD DKI: Keputusan Tarif Naik Angkutan Ditunda

Jakarta, GATRAnews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta batal menetapkan usulan kenaikan tarif angkutan umum di Ibu Kota. Hal dikarenakan masih dalam tahap pembahasan di antara eksekutif dan legislatif. Penetapan tarif urung dilakukan dan ditunda hingga pekan depan karena peng-update-an kondisi di lapangan. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana (Sani) usai rapat dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat (28/6).

 

"Kita sudah terima usulan kenaikan tarif angkutan dari Pemprov DKI, namun kita melihat adanya ketidakseimbangan dalam usulan tersebut," ujarnya.  Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan ketidakseimbangan dikarenakan Pemprov DKI hanya memperhitungkan kenaikan tarif itu dari sisi pengusaha. Dinas Perhubungan belum memperhitungkan sisi masyarakat.

 

Triwisaksana mengatakan dalam usulan tarif angkutan itu Pemprov DKI belum mempertimbangkan hak-hak masyarakat sebagai penumpang angkutan umum. "Itu bisa dilihat dengan tidak adanya jaminan pelayanan kepada penumpang," tandasnya.

 

Kenaikan tarif itu, penumpang pasti menuntut perbaikan pelayanan yang ada saat ini, seperti mengganti kendaraan yang tidak layak jalan, menindak kendaraan yang suka ngetem, belum lagi banyak supir tembak, dan ugal-ugalan di jalan. "Pemprov DKI harus memberi jaminan atas kenaikan angkutan itu. Kenaikan yang diusulkan itu mencapai 50%, jadi wajar jika penumpang menuntut perbaikan pelayanan," ucapnya.

 

Ia bilang kepastian tarif angkutan ini akan segera ditetapkan dalam waktu singkat setelah Pemprov memberi jaminan pelayanan bagi penumpang tersebut. Sebelum kenaikan tarif itu ditetapkan, Sani berharap Dinas Perhubungan DKI dapat mengambil tindakan atas kenaikan sepihak yang sudah terjadi sejauh ini. Lebih jauh, ia juga menyarankan Pemprov DKI juga mengusulkan tarif angkutan penyeberangan dari daratan Jakarta ke Kepulauan Seribu, padahal menurutnya itu sangat penting. (*/Zak) 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?