GATRANEWS

DKI Bangun 8 Rusunawa Baru bagi Warga Pluit

Jakarta, GATRAnews - Pemprov DKI Jakarta kembali membangun delapan blok hunian vertikal, rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Blok yang belokasi di Kelurahan Pejaringan, Kecamatan Pejaringan, Jakarta Utara ini diperuntukan bagi warga Waduk Pluit yang terkena relokasi. 

 

 

"Ya ini untuk warga sekitar waduk (Pluit), nanti akan kita dorong ke sini," ungkap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan ground breaking pembangunan Rusunawa Muara Baru di Jakarta Utara, Senin (15/7).

 

Mantan Walikota Surakarta ini meminta pembangunan delapan blok Rusunawa Muara Baru dipercepat agar bisa dipergunakan oleh warga. Secara keseluruhan, April 2014 mendatang bisa dipakai oleh warga bantaran Waduk Pluit.

 

"Saya minta nanti November atau Desember rampung lah. Kalau keseluruhan, mungkin bulan April selesai. Nanti saya akan minta untuk segera diselesaikan dan dipercepat pembangunannya," terang Joko Widodo.

 

Ditambahkan Jokowi, Pemprov DKI Jakarta sedang melakukan perbaikan di Rusun Marunda yang diperuntukan bagi warga bantaran Waduk Pluit. Perbaikan diperkirakan rampung usai Lebaran dan bisa ditempati. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta, Yonathan Pasodung memaparkan, pembangunan Rusunawa Muara Baru merupakan bentuk pemenuhan kewajiban pengembang kepada pemprov. Pengerjaannya sendiri dilakukan oleh PT Kapuk Niaga Indah dan PT Jaladri Kartika Pakci.

 

Delapan blok Rusunawa Muara baru dibangun di atas lahan seluas 3,3 hektare. Sebanyak 2,2 hektare merupakan lahan yang baru saja dibebaskan pemprov dari PT Jaya Sumplies.

 

Ditambahkan Yonathan, keseluruhan lahan milik pemprov di Muara Baru seluas 4,7 hektare yang peruntukannya bagi rusunawa. Di lokasi tersebut direncanakan akan dibangun 12 blok rusunawa, empat di antaranya sudah siap digunakan.

 

"Secara total kita di Muara Baru ini ada 1.200 hunian dengan tipe 30 untuk hunian. Tadi saya dibisikan kalau pembangunan delapan blok ini selesai April 2014 mendatang," pungkasnya. (*/Zak

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?