GATRANEWS

Pemda Jakarta Belum Sentuh PKL di Jembatan Penyebrangan

Jakarta, GATRAnews - Pemprov DKI Jakarta sedang gencar melakukan penataan dan relokasi pedagang kaki lima (PKL). Beberapa tempat konsentrasi pedagang, seperti Tanah Abang, Pasar Rebo, Jatinegara dan Pasar Minggu bertahap mulai dibersihkan dari badan jalan. 

 

 

Berbeda dengan PKL di badan jalan yang sudah terkonsep untuk ditata dan relokasi, pedagang di jembatan penyebrangan orang (JPO) sama sekali belum terjamah. Pemprov berdalih, penataan buat mereka saat ini sedang lakukan kajian. 

 

"Itu juga jembatan penyeberangan lagi kita pikirkan dan dikaji. Apa kita lebarin sekalian? Jalur-jalur utama nggak boleh kan? Karena kita mau lebarin atau Kita mau bikin terowongan bawah saja," ungkap Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Jakarta, Kamis (15/8). 

 

DKI Jakarta menjanjikan untuk memperhatikan kenyamanan para pengguna JPO. Namun, pihaknya juga enggan memindahkan PKL jika masih ada solusi yang bisa ditempuh dan menguntungkan pedagang dan tidak mengganggu pejalan kaki. 

 

Salah satu opsi yang kemungkinan akan ditempuh DKI, memindahkan pedagang di JPO ke lokasi pasar malam. Sejumlah jalan akan ditutup untuk dijadikan pasar malam dalam waktu dekat ini, sebagai lokasi percontohan adalah Jalan Medan Merdeka Selatan.  

 

Sejumlah JPO di Jakarta diketahui sudah lama dijadikan tempat berjualan berbagai barang kebutuhan dan aksesoris. Misalnya JPO di Karet - Kuningan, Plaza Semanggi, halte busway Bendungan Hilir, dan beberapa lokasi lainnya.  

 

Sementara itu, ketika disinggung soal anggaran penertiban PKL, Ahok menerangkan semua berasal dari dana BUMD. Misalnya BUMD Pasar Jaya dan puluhan perusahaan rekanan lainnya yang membantu mengerjakan perbaikan tempat baru pedagang berjualan. 

 

"Dananya kita BUMD ada, PD Pasar Jaya ada, rekanan PD Pasar Jaya juga ada. Rekanan malah kita wajibkan membangun lima pasar loh," ujar mantan anggota Komisi II DPR RI ini. (*/Zak)

 

 

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?