GATRANEWS

Pengungsi Kelud Semuanya dalam Keadaan Sehat

Jakarta, GATRAnews - Kepala Basarnas Jawa Timur Supeno mengatakan, hingga Jumat dinihari (14/2), seluruh pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kediri, ada dalam keadaan sehat. Basarnas belum menerima laporan adanya warga yang terluka atau sakit akibat erupsi gunung teraktif di Jawa Timur itu, yang dimulai pada pukul 22.50 WIB Kamis malam (13/2).

"Kondisi sekarang sampai saat ini belum ada korban atau masyarakat yang dievakasi dalam keadaan sakit atau luka," kata Supeno. 

Untuk membantu evakuasi, Basarnas Jawa Timur sudah menurunkan dua tim dari Surabaya dan Tranggalek. Tim dari Trenggalek dibagi dua, untuk ditempatkan di di Legok dan Blitar. Sedangkan dari Surabaya menuju Kediri. "Di Blitar dua tim, setiap tim 12 personil. Kediri dua tim, dengan jumlah yang sama. Tapi besok kita tambah dari Surabaya."

Menurutnya evakuasi warga berlangsung cepat, karena setiap warga rata-rata sudah mempunyai kendaraan, sehingga dengan alat transportasi masing-masing itu, secara cepat bisa menuju daerah yang aman dari erupsi atau muntahan material Gunung Kelud. Selain itu kesigapan warga sudah dipersiapkan. 

"Masyarakat sudah dilatih kalau sewaktu-waktu Kelud meletus. Early warning sudah dihimbau sampai 15 km harus waspada. Proses evakuasi yang dilakukan Basarnas, kami kerjasama dengan tim yang ada di sana. Kita utamakan masyarkat di daerah yang tidak aman," urainya.  

Kesigapan warga ditingkatkan mengambil pelajarab letusan yang terjadi pada tahun 1990-an lalu. "Kami kerjasama Pemda, TNI-Polri, msyarakat, kita lakukan penyuluhan dan informasi, bagaimana menghadapi letusan sehingga masyarakat waspada. Saat hindar dari daerah terlarang, bawa barang yang diperlukan saja, karena jiwa paling utama," pungkasnya. (IS)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?