GATRANEWS

Soal Tata Kota, Belajarlah dari Jerman

Jakarta, GATRAnews - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyampaikan keinginan kuat untuk belajar dari keberhasilan Pemerintah Jerman dalam melakukan pembangunan perkotaan. Di mata Djoko, pemerintah Jerman berhasil membuat kota-kotanya menjadi tempat yang memberikan kehidupan dan kesejahteraan bagi penduduknya, dengan melakukan pengembangan infrastruktur jalan, bangunan gedung, preservasi daerah bersejarah, dan efisiensi energi.

Djoko, saat melakukan pertemuan bilateral dengan  Peter Ramsauer, Menteri Transportasi, Bangunan, dan Pengembangan Perkotaan, Republik Federal Jerman, di Jerman beberapa waktu lalu, mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum RI juga ingin melakukan kerja sama terkait manajemen pengelolaan air limbah.

Keinginan tersebut disambut baik Peter Ramsauer, yang berencana melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melihat pembangunan infrastruktur di sini. Selain itu akan dilakukan pertemuan teknis untuk membicarakan rincian kerja sama antara kedua belah pihak.

“Kami harap akan ada tindak lanjut dari kunjungan Presiden RI sebelumnya (awal Maret 2013, Red). Yakni berupa kerja sama dalam perencanaan pembangunan kota yang lebih menjawab isu global, green city, energi efficiency serta peningkatan pelayanan infrastruktur terpadu. Khususnya di sektor penyediaan air minum, persampahan, serta perbaikan kawasan permukiman,” ungkap Djoko seperti dikutip dari laman Kementerian PU, Selasa (23/4).

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya berkeinginan untuk menjalin kerja sama bidang Cipta Karya dengan Walikota Berlin, Jerman. kerja sama meliputi peningkatan kinerja pengelolaan sampah di Indonesia, penataan kota, penyediaan air minum, serta pengelolaan sumber air baku untuk perkotaan. Hal tersebut dikatakan Dirjen Cipta Karya Imam S. Ernawi saat berkunjung ke Kantor Walikota Berlin, 16 April 2013, dalam rangkaian Pameran Internasional Konstruksi, Permesinan dan Pertambangan (BAUMA 2013), 15 – 21 April 2013 di Munich, Jerman.

Pada pertemuan tersebut, delegasi Indonesia mendapatkan informasi mengenai kondisi perencanaan kota Berlin, pelayanan sektor persampahan dan air limbah, serta kelembagaannya. Walikota Berlin melaksanakan kebijakan pembangunan kota sebagaimana tercantum pada rencana pembangunan kota yang sudah disepakati oleh unit kerja yang menangani sektor tersebut di Uni Eropa.

Di bidang pengelolaan pengelolaan sampah, di Berlin sudah dilakukan di seluruh area kota. Pengelolaan sampah dilakukan oleh satu institusi di bawah wali kota Berlin dan dalam melaksanakan tugasnya bekerja sama dengan sektor swasta, baik untuk pembangunan maupun untuk operasi dan pemeliharaan sarana.

Dirjen Cipta Karya juga menyampaikan undangan kepada walikota Berlin beserta tim untuk mengunjungi Indonesia guna melanjutkan pembahasan mengenai rencana kerja sama antara kedua pihak untuk pembangunan kota-kota di Indonesia. Kantor wali kota Berlin menyambut baik keinginan dan undangan dari delegasi Indonesia dan akan menindaklanjutinya melalui KBRI di Berlin. (*/DKu)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?