GATRANEWS

Satpam Dilarang Ikut Aksi Hari Buruh 1 Mei

Jakarta, GATRAnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan salah satu sosialisasi yang disampaikan oleh Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) Jakarta bersama Kepolisian Daerah Metro Jaya adalah tidak ikutnya sejumlah satuan pengamanan (Satpam) pada aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh buruh pada peringatan hari buruh internasional, 1 Mei 2013 mendatang.

 

Satpam dihimbau untuk melakukan upaya pengamanan terhadap sejumlah aset milik perusahaan tempatnya bekerja. "Acara tadi silahturahmi antara Polda dengan BUJP.  di mana mereka punya belasan ribu sekuriti. Jadi silahturahmi ini dimaksudkan supaya para petugas sekuriti ini tidak ikut demo namun menjaga aset dan perusahaan," jelasnya kepada wartawan, Selasa (23/4).

 

Dengan tidak ikutnya satpam dalam aksi unjuk rasa tersebut dimaksudkan agar mereka dapat bekerja secara optimal dalam pengamanan dan mencegah aksi anarkis yang mungkin timbul. Di tempat yang sama, Ketua BUJP, Sutjipto juga menambahkan bahwa semua satpam yang berada dalam asosiasinya dihimbau agar jangan melakukan aksi demonstrasi. "Mereka diimbau tidak ikut demo sebab saat itu mereka melakukan pengamanan," ucapnya.

 

Namun, terkiat soal sanksi jika ada yang ikut demo, Sutcipto belum memastikannya seperti wujudnya. Namun upaya pembinaan serta pengontrolan akan tetap dilakukan oleh pihaknya. Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya menegaskan akan melakukan pengamanan dan pengawalan jelang aksi demonstrasi hari buruh sedunia pada 1 Mei 2013 mendatang. Gelombang buruh yang datang dari wilayah luar Jakarta juga akan diantisipasi oleh kepolisian. Aksi demo itu sendiri sebelumnya disebut mencapai 200 ribu pengunjuk rasa. (WFz)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?