GATRANEWS

UN Sekolah Dasar Berlangsung Serentak Hari Ini

Jakarta, GATRAnews - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar serentak di seluruh Indonesia. Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan optimis bahwa pelaksanaan UN ini berjalan dengan baik.

"Secara umum naskah soal UN SD sudah siap sampai di lokasi ujian karena pendistribusian dilakukan oleh pihak provinsi. Jadi, kami yakin di seluruh provinsi UN SD ini sudah on schedule," kata M. Nuh, saat melakukan inspeksi mendadak di SD Negeri 10 Kemanggisan di Jakarta, Senin (6/5).

Menurut Nuh, sebagaimana dilaporkan Antara, bila naskah soal ujian belum sampai sebelum hari H ujian, hal itu wajar karena naskah soal sebelum hari ujian masih diletakkan di sub rayon.

"Kemudian, ketika menjelang hari H pelaksanaan ujian, naskah soal akan didistribusikan ke sekolah, maka naskah sudah ada di masing-masing sekolah pada saat hari H," ujarnya.

Nuh menjelaskan, sejak beberapa tahun lalu penyelenggaraan UN SD dan sederajat sudah dilaksanakan oleh pemda di masing-masing provinsi, sedangkan UN untuk tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat masih diselenggarakan secara tersentral oleh pemerintah pusat.

Lebih lanjut dia mengatakan, secara umum naskah soal UN SD sudah siap sampai di lokasi ujian karena penyelenggaraan, termasuk pendistribusian naskah soal, dilakukan oleh pihak provinsi.

"UN SD untuk wilayah Indonesia timur juga sudah sesuai jadwal. Jadi, kami yakin pelaksanaan UN untuk SD/MI di semua provinsi sudah serentak," tuturnya.

Dia menegaskan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan terus memantau agar tidak terjadi kecurangan maupun kebocoran jawaban soal UN.

Selain itu, terkait pengawasan untuk pelaksanaan UN dan distribusi naskah soal, dia mengatakan pihak Kemendikbud juga memonitor setiap tahapnya, tidak hanya yang berlangsung di Jakarta, tetapi juga yang berlangsung di provinsi lain. (TMA)

Design © GATRANEWS | GATRA. All rights reserved.

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?